Pleno KPU, Daftar Pemilih Kabupaten Karimun Berkurang dari DPS

Pleno KPU, Daftar Pemilih Kabupaten Karimun Berkurang dari DPS

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Karimun. (Foto: Yon)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun telah melakukan pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pilkada 2015 mendatang, Jumat (2/10/2015) di hotel Aston Karimun.

Penetapan dari DPS yang semula 184.634 pemilih, setelah dilakukan verifikasi ulang maka yang data valid mencapai 173.901 pemilih.

“Jadi DPT Karimun mencapai 173.901 pemilih. Maka terjadi penurunan 10.733 pemilih yang dicoret, dari 12 PPK dari DPS sebelumnya,' kata Samsir, Ketua Divisi Program dan Data KPU Karimun.

Kata Samsir, dari hasil rekapitulasi DPT yang disampaikan 12 PPK dengan rincian laki-laki 88.861 jiwa dan perempuan 85.040 jiwa dari 71 Desa/Kelurahan dengan 450 TPS.

Sedangkan, jumlah pemilih pemula paling banyak terdapat di Kecamatan Karimun, Meral dan Kundur.

Dengan total 3752 jiwa diantaranya 642 jiwa berada di kecamatan Karimun, selanjutnya 617 jiwa di kecamatan Meral, 356 jiwa ada di kecamatan Kundur dan sisanya tersebar di sembilan kecamatan.

Sehingga, kabupaten Karimun yang mempunyai hak pilih mencapai 173.901 jiwa, yang akan memilih pada 9 Desember mendatang di 450 TPS yang tersebar di 12 kecamatan.

“Data DPT ini merupakan data pemilih ril dan harus diakomodasi hak politiknya. Mari kita sukseskan Pilkada serentak ini, jaga kebersamaan,” ujar Samsir didampingi Ketua KPU Karimun Ahmad Sulton dan anggota lainnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Karimun Mardanus mengungkapkan, hasil rekaputilasi DPT menurutnya sudah sesuai dengan tahapan yang ada.

Artinya, sinkronisasi data antara Panwascam maupun PPK selama perbaikan berjalan lancar. Sehingga, pencocokan antara data yang ada di Panwaslu dan KPU tidak ada masalah setelah dilakukan croscek terhadap data masing-masing.

“Rata-rata datanya banyak pemilih ganda yang terdaftar, sehingga harus dilakukan pencoretan terhadap nama warga tersebut yang telah tercantum dalam DPS kemarin,” ucapnya.

Dalam rapat pleno tersebut, selain di hadiri oleh penyelenggara pemilu KPU dan Panwaslu. Hadir juga dari masing-masing Parpol pengusung pasangan calon, selain itu juga saksi-saksi dari tim pemenangan. Dan tidak luput pihak keamanan juga ikut hadir dalam penetapan tersebut.

“Alhamdulillah, penetapan DPT lancar tidak ada kendala. Mudah-mudahan pada hari H nanti aman,” ujar AKP M Khaidir Kabag Ops Polres Karimun.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews