Mau Gaji Rp 15 Juta per Bulan? Ikut Program Transmigrasi Aja

Mau Gaji Rp 15 Juta per Bulan? Ikut Program Transmigrasi Aja

Ilustrasi daerah transmigrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar senang dengan terselenggaranya Penandatangan Naskah Kesepakatan Bersama Antara Gubernur Daerah Asal dengan Gubernur Daerah Tujuan tentang Penyelenggaraan Transmigrasi.

Sebab, program itu mendukung Nawa Cita Presiden Joko Widodo. "Saya sangat gembira program transmigrasi dapat kepercayaan sebagai solusi nyata kepadatan penduduk serta percepatan pembangunan daerah," kata Marwandi Gedung Serbaguna Balai Makarti Muktitama Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Program itu diharapkan bisa menjadi solusi untuk pemerintah daerah dengan mendatangkan transmigrasi yang memiliki kemampuan. "Saya optimistis melalui program ini, akan membuat perkembangan di daerah lain, dan mempercepat pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat daerah," ucap Marwan.

Sebanyak 25 Gubernur yang ada di Indonesia sepakat mendukung pelaksanaan program transmigrasi. Dukungan itu dinyatakan dalam penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama bidang transmigrasi antara pimpinan daerah pengirim dan penerima transmigrasi yang diselanggarakan di Jakarta.

Sebanyak 25 gubernur itu yang menyatakan dukungannya terdiri dari 10 provinsi pengirim transmigran di antaranya Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Sedangkan penerima transmigrasi atau tempat tujuan terdiri dari 15 provinsi. Yakni, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung. Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Maluku Utara

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menjanjikan bayaran per bulan dengan nilai yang fantastis bagi masyarakat yang berminat menjadi transmigran di tahun ini.

"Kami estimasi per bulan, transmigran akan mendapat bayaran antara Rp 12 sampai Rp 15 juta per bulan,” kata Marwan Jafar, belum lama ini.

Marwan memaparkan, estimasi bayaran tersebut berlaku bagi para transmigran yang berminat transmigrasi berbasis di pesisir. Wilayah yang menjadi jujugan para transmigran nantinya adalah Natuna.

Bayaran tersebut akan diterima para transmigran setelah diikutkan bekerja, serta menjadi nelayan, guna membangun kawasan Natuna.

Tak hanya bayaran tinggi, menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa ini juga menjanjikan para transmigran terjamin kesejahteraan dan diberi tempat tinggal, sama seperti program transmigrasi sebelumnya.

Untuk progam transmigrasi lokal, lanjut Marwan, transmigrasi juga akan mendapat tanah sebanyak 2 hektare, dan bayaran selama 18 bulan. Berapa nominal bayaran untuk transmigrasi lokal? Marwan tak menyebutkannya.

Ia mengatakan sudah ada 48 daerah jujugan bagi masyarakat yang berminat mengikuti program tersebut. Wilayah tersebut ada di empat provinsi di Kalimantan, mulai dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur.

Pemilihan tersebut disebabkan pemerintah sudah memiliki rencana untuk membangun perkebunan indoplasma di daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia.

"Program ini untuk menarik TKI kita di Malaysia," jelasnya.
 
(ind/bbs/net)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews