Duh, Pengungsi Suriah Berenang Bawa Bayi Setelah Perahu Karam

Duh, Pengungsi Suriah Berenang Bawa Bayi Setelah Perahu Karam

Pengungsi Suriah yang berenang membawa bayinya di laut Yunani. (foto: ist/rimanews)

BATAMNEWS.CO.ID, Yunani - Seorang pengungsi Suriah membawa bayi menggunakan pelampung dan berenang menuju pantai setelah perahu karet yang mereka naiki kempes 100 meter dari pantai Pulau Lesbos, Yunani, Minggu (13/9/2015).

Mereka berebutan menuju pantai setelah perahu karet mereka benar-benar karam. Meski bersusah payah, mereka akhirnya bisa sampai di pantai.
 
Di luar catatan sebanyak 432.761 pengungsi dan imigran mengambil jalan penuh resiko menyeberangi laut Mediterania menuju Eropa tahun ini. Diperkirakan 309.000 orang tiba melalui laut di Yunani.

Menurut keterangan Lembaga Internasional untuk Imigrasi (IMO), sebagian besar mereka merupakan warga Suriah yang menyelamatkan diri dari perang sipil.

Lebih dari empat juta warga Suriah telah melarikan diri dari perang sipil yang melanda negara tersebut untuk menjadi pengungsi di wilayah sekitar--satu juta di antaranya mengungsi sepanjang 10 bulan terakhir.

"Ini adalah populasi pengungsi terbesar dari satu konflik sepanjang generasi terakhir," kata kepala badan pengungsi PBB (UNHCR) Antonio Guterres.

"Ini adalah populasi yang membutuhkan dukungan dunia, namun justru hidup dalam kondisi memprihatinkan dan tenggelam lebih jauh dalam kemiskinan," katanya.

(ind/bbs/rima)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews