AWAS! Penjahat Asing Serbu Indonesia, Polisi Bongkar Jaringan Penipuan Lewat Facebook

AWAS! Penjahat Asing Serbu Indonesia, Polisi Bongkar Jaringan Penipuan Lewat Facebook

Ilustrasi. (foto:ist net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Polisi mengungkap kasus penipuan melalui situs jejaring sosial facebook. Warga negara asing yang jadi pelaku penipuan berhasil ditangkap.

"Hari ini atas perintah Kapolda, kami ungkap kejahatan besar yang menembus Jakarta dan Indonesia dilakukan WNA semuanya, ada 9 WNA. Ini penjahat asing sudah menyerbu Jakarta dan Indonesia," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Krishna Murti saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Minggu (13/9/2015) dilansir detik.

Para penipu yang menggunakan akun Facebook palsu menurut Kombes Krishna mulanya mengajak korbannya berkenalan dengan mengirimkan pesan.

"Setelah kenal, diajak ketemu. Setelah ketemu pelaku sampaikan untuk bisnis dolar yang katanya ada cap United Nations atau PBB. Korban dijanjikan uang ini dengan harga Rp 66 miliar," sambungnya.

Penipu memperdaya korbannya dengan meminta menyetorkan uang secara bertahap. "Korban diminta setor terus, korban satu orang rugi Rp 800 juta," ujar Kombes Krishna.

Ada tiga orang pelaku yang ditangkap yakni Jackson alias Gabriel (41) warga negara Nigeria, John K Obioma (36) WN Nigeria, dan satu orang tersangka WN Gambia.

(ind/dtc)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews