Inilah 3 Tips Menghemat Memori Android

Inilah 3 Tips Menghemat Memori Android

Ilustrasi. (foto:ist net)

BATAMNEWS.CO.ID - Pilihan untuk menghapus foto sebelum mengambil foto lainnya tentu mengesalkan bagi sebagian pengguna android. Atau tak bisa mengunduh aplikasi baru karena sudah tak ada tempat lagi di memori Android Anda.

Berikut beberapa cara yang dapat digunakan:
1. Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah menghapus aplikasi.
Lihatlah pada pengaturan, kemudian penyimpanan, aplikasi mana yang paling memakan tempat di Android Anda. Jika tak menghapus aplikasi, menghapus cache juga sedikit membantu.

2. Cara kedua yang dapat dilakukan untuk mencegah kehabisan memori adalah menghapus data.
Tengoklah file manager, kemudian lihat folder apa yang memiliki ukuran paling besar, atau file apa yang sebenarnya tak lagi digunakan namun masih bertengger di ponsel Anda. Foto-foto yang otomatis masuk dari aplikasi seperti WhatsApp atau LINE juga dapat Anda pertimbangkan untuk dihapus.

3. Memindahkan data-data tersebut ke penyimpanan eksternal.
Jika menghapus aplikasi atau file dirasa terlalu sulit atau berat, maka cara selanjutnya adalah memindahkan data-data tersebut ke penyimpanan eksternal. Gunakan SD card berkapasitas cukup besar untuk dapat menampung file-file tersebut. Sayangnya, kebanyakan Android tak lagi mengizinkan pengguna untuk menyimpan aplikasi pada memori eksternal.

Akan tetapi, jika Android yang Anda gunakan memungkinkan hal itu, maka tak ada salahnya memanfaatkan memori eksternal untuk menyimpan aplikasi. Gunakanlah opse "move to SD card".
Jangan lupa juga untuk menghapus SMS, gambar, atau file lainnya yang telah menumpuk dan dapat memakan memori internal Android.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews