Kabut Asap Kiriman Selimuti Kabupaten Kepulauan Anambas

Kabut Asap Kiriman Selimuti Kabupaten Kepulauan Anambas

Ilustrasi kabut asap kiriman

BATAMNEWS.CO.ID, Anambas  - Kabut asap yang ditimbulkan akibat pembakaran lahan yang terjadi di sejumlah wilayah di Kalimantan turut menyelimuti sejumlah wilayah di Kabupaten Kepulauan Anambas. Jarak antara pulau di kabupaten ini memang terbilang dekat dengan Pulau Kalimantan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tarempa merilis bahwa wilayah Anambas mulai mendapatkan asap kiriman dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat (Kalbar).

Meski demikian, BMKG menyatakan, jarak pandang masih masuk dalam kategori aman dalam pelayaran.

"Jarak pandang masih aman untuk pelayaran, masih ada sekira empat atau lima mil laut," kata Prakirawan BMKG Tarempa Fany Setyawan kepada wartawan, Senin (24/8/2015).

Dia mengatakan, sesuai pantauan satelit terdapat ada sekitar 1.000 titik panas yang terjadi di Kalsel dan Kalbar. Sebanyak 225 titik panas di antarnya sudah terjadi sejak beberapa terakhir. Jika kondisi tersebut masih berlangsung, kemungkinan jarak pandang bisa menurun mencapai dua sampai tiga mil saja.

"Jika jarak pandang semakin menurun, kami mengimbau perusahaan pelayaran harus ekstra hati-hati," ujarnya.

Kabut asap kiriman seperti ini, sambungnya, juga terjadi tahun lalu. Namun kiriman asap tahun lalu jauh lebih buruk dibandingkan tahun ini. Tahun lalu banyak masyarakat yang menggunakan masker untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

 

[pul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews