PGN Targetkan Batam Jadi Kota Gas di Tahun 2018

PGN Targetkan Batam Jadi Kota Gas di Tahun 2018

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Perusahaan Gas Negara akan mengembangkan jaringan pipa gas untuk menambah pelayanan gas rumah tangga di Kota Batam Kepulauan Riau, demi menyukseskan "Batam Kota Gas 2018".

"Kami membuat pengembangan yang baru, biar semakin luas wilayah jangkauannya," kata Manager Area PGN Batam Sonny Rahmawan di Batam, Jumat.

Pengembangan jaringan pipa itu untuk mewujudkan rencana Kementerian Energi Sumber Daya Mineral menyambung 4.000 gas rumah tangga baru pada 2016.

PGN berencana membangun jaringan pipa hingga lokasi terjauh di kota, agar mudah membuat jaringan ke daerah-daerah yang dilalui pipa besar.

"Kami melihat posisi terjauh, disesuaikan dengan dana yang ada," ungkap dia.

Selain membangun jaringan baru, PGN juga akan mengembangkan jaringan yang sudah ada, dengan menambah pemasangan pipa ke perumahan dan pemukiman yang dilalui.

"Dengan infrastruktur yang ada tinggal penetrasi," kata dia.

Hingga kini PGN masih mempelajari wilayah kota, mencari lokasi yang pas untuk pengembangan pipa agar rencana pemerintah terpenuhi.

Sementara itu, PGN menargetkan menyambung 1.000 pipa gas rumah tangga baru pada 2015.

Menurut Sony, sampai pertengahan Agustus, sudah 1.000 pemilik rumah yang mengajukan permohonan penyambungan pipa baru. Namun, hingga saat ini baru 330 rumah yang tersambung.

Meski begitu ia optimistis 1.000 rumah akan menikmati aliran bahan bakar ramah lingkungan itu.

Sebelumnya di Batam, Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja menyatakan pemerintah akan menambah 4.000 jaringan gas rumah tangga baru di Kota Batam pada 2016.

Kementerian ESDM sudah mengusulkan anggaran untuk 4.000 sambungan gas rumah tangga baru itu agar bisa direalisasikan tahun depan.

Pemerintah akan membangun infrastruktur pipa di penjuru kota itu demi memenuhi target 4.000 jaringan gas rumah tangga baru. Sayang, Wiratmaja enggan menyebutkan jumlah anggaran dan panjang pipa yang akan dibangun.

Meski begitu, ia berharap Perusahaan Gas Negara akan membangun lebih banyak lagi jaringan gas rumah tangga dengan program PGN Sayang Ibu. 

sumber: antara

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews