Pusat Perbelanjaan Tertua di Medan Terbakar Habis, Terjadi Ledakan Beruntun

Pusat Perbelanjaan Tertua di Medan Terbakar Habis, Terjadi Ledakan Beruntun

Api yang membakar hampir seluruh bangunan Medan Plaza, Medan. (foto: ist/medan)

BATAMNEWS.CO.ID, Medan - Kebakaran hebat melalap gedung Medan Plaza, Jalan Iskandar Muda, Medan, Sumatera Utara. Kebakaran terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (22/8/2015).

Dari dalam salah satu pusat perbelanjaan tertua di Kota Medan, itu terdengar ledakan cukup hebat dari lantai atas gedung. Ledakan langsung memicu bola api disertai bumbungan asap yang semakin meninggi.

Ledakan diduga dipicu oleh tabung gas dari mesin pendingin dan generator listrik yang berada di dalam gedung tersebut.

Warga dan petugas yang tadinya berada di area gedung langsung bergegas meninggalkan lokasi, sesaat setelah ledakan terjadi. "Awas ada ledakan," teriak para petugas pemadam.

Usai ledakan hebat itu, ledakan-ledakan kecil terus terjadi beberapa kali. Petugas kepolisian pun langsung mensterilkan seluruh area gedung.

"Keluar semua," teriak Kapolsek Medan Baru Ronny F Sidabutar yang memimpin langsung sterilisasi kawasan tersebut.

Hingga pukul 08.00 WIB, api belum juga bisa dijinakkan. Petugas pemadam kebakaran terlihat mulai kehabisan akal untuk memadamkan api.

Api justru semakin besar dan membumbung tinggi hingga ke lantai IV bangunan gedung. Hampir seluruh sudut bangunan kini telah terbakar. "Makin kita siram, makin besar apinya," ujar pemadam kebakaran, Toni.

Petugas pemadam semakin kehabisan akal, karena mereka juga khawatir mendekati bangunan. Selain karena sangat panas, dentuman ledakan juga masih terus terjadi.

"Bisa-bisa sampai tak ada lagi yang bisa dibakar, baru mati apinya," pungkasnya.

(ind/her/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews