Lagi, TNI AL Tenggelamkan Sejumlah Kapal Asing di Perairan Anambas

Lagi, TNI AL Tenggelamkan Sejumlah Kapal Asing di Perairan Anambas

Kapal asing ditenggelamkan di perairan Anambas, beberapa waktu lalu

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan RI akan menjadi momen untuk menujukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, berdaulat, dan tegas dalam menjaga keutuhan NKRI.  

Bersempena dengan perayaan HUT Kemerdekaan itu, pemerintah juga ingin menujukkan bahwa Indonesia tak akan kompromi pada aktivitas kapal-kapal asing yang masuk dan menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia.  

Setelah menenggelamkan 24 kapal ikan asing, pemerintah melalui TNI AL kembali akan memusnahkan 12 kapal asing lainnya. Kapal-kapal tersebut berbendera Thailand, Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

Mereka tertangkap tangan saat sedang mencuri ikan di perairan Indonesia, tepatnya di perairan Kalimantan, Ranai, dan Tarempa (Kepulauan Riau).

"TNI AL bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pada Selasa (18/8) jam 10.00 akan memusnahkan 12 kapal ikan asing yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia," kata Kepala Dispenal Laksamana Pertama TNI M Zainudin, Sabtu (15/8/2015).

ke 12 kapal tersebut merupakan tangkapan unsur KRI TNI AL bersama KKP yang selama ini rutin melakukan razia di perairan Natuna, Anambas, dan perairan Kalimantan, seperti Pontianak dan Tarakan.

"Pemusnahan ini dilakukan setelah mendapatkan putusan dari pengadilan negeri setempat," lanjut Zainuddin. Ke 12 kapal itu, masing-masing terdiri dari; KM Sudita 11, KM Camar Laut 01, KM Thindo Mina 6, KM Laut Natuna 15, L/B Stonino 804, L/B Luke VII, L/B Rafii, TW 3550/6/F, KG 92826 TS, KG 93167 TS, KG 9334 BTS (KM Sinar Petromax 474), dan KG 1543 BTS (KM Sinar Petromax 471).

Pemusnahan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari perintah Presiden Joko Widodo untuk menenggelamkan kapal-kapal asing yang secara ilegal beroperasi di perairan Indonesia. Jika tak mengindahkan teguran, TNI AL juga menegaskan tak akan segan menembak kapal tersebut.


[mdk/dtc]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews