Muktamar ke-47 Muhammadiyah

Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ini Sosoknya

Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ini Sosoknya

Haedar Nashir. (foto: ist/sib)

BATAMNEWS.CO.ID, Makassar - Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar menetapkan Haedar Nashir sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020.

Penetapan ditetapkan dalam rapat pleno ke delapan di Balai Sidang Muktamar, Universitas Muhammadiyah Makassar, sekitar pukul 21.00 Wita.

Penetapan tersebut dibacakan oleh Ketua Panitia Pemilihan Ahmad Dahlan Rais di hadapan 2.000 lebih peserta muktamar. Selain menetapkan ketua umum, muktamar juga menetapkan Abdul Muti sebagai sekretaris umum.

"Mengusulkan menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020, Dr Haedar Nashir," kata Dahlan, disambut tepuk meriah seisi ruang sidang.

Dahlan sempat meminta persetujuan hadirin, sebagai mekanisme pemilihan di Muhammadiyah. "Apakah bisa diterima?" ujar Dahlan yang dijawab serentak. "Bisa!"
 
Siapa Haedar Nashir?

Dalam daftar calon tetap anggota PP Muhammadiyah, seperti dikutip Kamis (5/8/2016), Dr. H. Haedar Nashir M.Si lahir di Bandung 25 Februari 1958 (57 tahun). Riwayat pendidikannya dimulai di SD/MI Ciparay Bandung, kemudian Pondok Pesantren Cintawana, Tasikmalaya dan SMA Negeri X Bandung.

Haedar lalu mengambil kuliah di STPMD Yogyakarta. Setelah menamatkan gelar S1, Haedar kembali mengambil kuliah untuk gelar S2 dan S3 yang diraihnya dari Fakultas Ilmu Politik Universitas Gajah Mada (UGM) bidang Sosiologi.

Haedar menjadi anggota Muhammadiyah Cabang Ngampilan, Yogyakarta sejak tahun 1983 dengan nomor baku 545.549. Kegiatan keorganisasiannya di Muhammadiyah sebagai ketua I PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) periode 1983-1986 dan Departemen Kader PP Pemuda Muhammadiyah periode 1985-1990.

Setelah itu, Haedar masuk di Pimpinan Pusat Muhammadiyah mula-mula sebagai Ketua Badan Pendidikan Kader (BPK) dan Pembinaan Angkatan Muda Muhammadiyah (BPK-PAMM) periode 1985-1995 dan 1995-2000.

Lalu duduk sebagai salah seorang ketua PP Muhammadiyah di bawah Ketua Umum Din Syamsuddin untuk dua periode tahun 2005-2015. Haedar tidak memiliki catatan pernah duduk di partai politik manapun.

Isteri Haedar adalah Dra Siti Noodjannah M.Si, M.M yang tak lain ketua organisasi perempuan Muhammadiyah, Aisyiyah. Haedar dikenal sebagain penulis yang produktif di kalangan Muhammadiyah.  

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews