Jelang MotoGP Indianapolis

Tiga Sirkuit ini Bikin Rossi Takut

Tiga Sirkuit ini Bikin Rossi Takut

Valantino Rossi. (foto: istimewa/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Kendati sukses menjadi juara paruh musim 2015, pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi tidak merasa sedang di atas angin. Rossi mengatakan, ada tiga sirkuit yang akan membuatnya repot, salah satunya akan dia hadapi akhir pekan ini.

Rossi mengatakan, tiga sirkuit tersebut adalah Sirkuit Indianapolis Motor Speedway (9 Agustus), Sirkuit Masaryk Brno (16 Agustus) dan Sirkuit Silverstone (30 Agustus).

"Saya pikir, setelah masa istirahat, ada tiga lintasan yang bisa dimanfaatkan Marquez dan Lorenzo, yakni Indianapolis, Brno dan Silverstone. Tetapi, tahun lalu, ketika balapan di Brno, saya tampil dengan baik," tutur Rossi, kata Rossi kepada Crash, sebelum libur paruh musim.

Salah satu dari tiga sirkuit yang dia sebut, Sirkuit Indianapolis Motor Speedway, akan mengelenggarakan akan menyelenggarakan balapan akhir pekan ini. Lengkapnya, berikut tiga lintasan yang membuat Rossi bergidik ketakutan.

1. Sirkuit Indianapolis Motor Speedway
Sirkuit yang terletak di Indianapolis, negara bagian Indiana, Amerika Serikat diperuntukkan bagi balapan Indianapolis 500, NASCAR, Indy Car, Formula Satu, dan MotoGP. Pada 2008, Indianapolis diresmikan sebagai sirkuit penyelenggara Motogp dengan beberapa perubahan yang menyesuaikan permintaan FIM sebagai otoritas tertinggi.

Perubahan tersebut meliputi penambahan 16 tikungan yang digabungkan dengan trek lurus pada sirkuit oval ciri khas Indianapolis dengan panjang 4.168km membuat tidak semua pembalap mampu beradaptasi dengan lintasan. Sirkuit tersebut menjadi momok bagi Rossi yang tidak pernah meraih gelar juara sejak 2008.  

2. Sirkuit Masaryk Brno
Sirkuit Brno diberi nama Masaryk Circuit untuk Presiden Pertama Cekoslovakia, Tomas Masaryk. Pada Tahun 1975 panjang Sirkuit yang hampir 30km dipangkas menjadi 13,94 Km untuk kebutuhan balap grand prix. Sirkuit tersebut baru mencapai kondisi yang permanen seperti sekarang pada tahun 1987.

Rossi pernah keluar sebagai juara di sirkuit tersebut pada 2003, 2005, 2008 dan 2009. Namun setelahnya, Rossi tidak pernah lagi menjuarai di sirkuit tersebut. Sebagian pengamat berpendapat, sirkut tersebut tidak memanjakan motor besutan Yamaha.

3. Sirkuit Silverstone
Silverstone merupakan salah satu trek tercepat dalam kalender balap Motogp dan mendapat banyak pujian dari para pembalap dunia yang menyukai lay out baru sirkuit tersebut. Salah satu tampilan menarik dari sirkuit ini adalah konstruksi atap venue yang bergelombang-gelombang dikenal dengan “Silverstone Wing”.

Rossi terakhir kali berhasil memenangkan perlombaan di Sirkuit Silverstone pada tahun 2005. Pembalap Italia itu tak pernah memenangkannya lagi hingga musim 2014 lalu.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews