Warga Riau Terjangkit Ispa Meningkat Tajam Capai 5.775 Jiwa

Warga Riau Terjangkit Ispa Meningkat Tajam Capai 5.775 Jiwa

Kabut Asap di Pekanbaru Kian Parah. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Pekanbaru - Sebanyak 5.775 warga di Provinsi Riau terjangkit ISPA (infeksi saluran pernafasan atas) akibat kabut asap periode Februari-Juli 2015.

"Terjadi peningkatan yang signifikan kasus ISPA namun tindakan perawatan dan pengobatan terus dilakukan dan stok obat mencukupi," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril di Pekanbaru, Minggu (2/8/2015).

Menurut dia, selain ISPA penyakit lainnya yang menyerang warga Riau adalah pneumoni 165, asma 90, iritasi mata 337, iritasi kulit 646 kasus.

Akan tetapi, katanya, ada beberapa kabupaten yang belum melaporkan data mengenai dampak asap di Riau.

"Dalam menghadapi bencana asap ini warga Riau harus banyak meminum air putih, gunakan masker jika melakukan aktivitas di luar rumah, cuci tangan pakai sabun, memakan makan yang bergizi, buah-buahan dan juga sayuran," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan juga senantiasa menganjurkan siswa mereka memakai masker ketika berada di luar rumah dan di luar kelas. Jika kondisi cuaca sudah berbahaya maka dianjurkan untuk meliburkan sekolah. Kualitas udara di Riau pada umumnya terpantau tidak sehat.  

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews