Dahulu Seorang Pria, Solena Chaniago Sempat Jera Operasi Kelamin

Dahulu Seorang Pria, Solena Chaniago Sempat Jera Operasi Kelamin

Solena Chaniago

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Setiap orang akan mengalami efek setelah menjalani operasi, yaitu rasa sakit yang mengakibatkan sejumlah bagian tubuh tidak berfungsi sementara. Bahkan operasi bisa berakibat fatal jika dilakukan oleh dokter yang tidak profesional atau gadungan.


Solena Chaniago, penata rambut yang sekaligus berprofesi sebagai artis, merasakan efek sakit yang berkelanjutan setelah menjalani operasi ganti kelamin. Pria asal Padang, Sumatera Barat ini mengaku tidak bisa berjalan selama enam bulan.

"Aku jalani operasi selama enam jam dan itu sakit banget. Kalau aku tahu sakitnya bakal seperti itu aku enggak akan mau operasi. Karena aku sampai susah untuk jalan sampai enam bulan," kata Solena saat ditemui di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Selasa (28/7).

Dia mengatakan, butuh waktu 10 tahun untuk mengubah total dirinya menjadi seorang wanita. Tentunya, perubahan yang paling lama dilakukan, yaitu saat operasi kelamin.

"Yang paling lama aku operasi bagian bawah, lalu operasi bagian dada. Untuk operasi bawah saja aku nisa abisin Rp 400 juta untuk pesawat dan segala macam," imbuh transgender beranak satu ini.

Bahkan untuk mencegah munculnya efek samping dari operasi tersebut, Solena harus melakukan check up selama tiga bulan sekali. Selain itu, dia juga harus meminum beberapa vitamin, termasuk meminum pil hormon esterogen untuk menyeimbangkan organ vital wanitanya.

"Aku check up tiga bulan sekali di dokter-dokter terpercaya di luar negeri. Minum pil hormon juga tiap hari dan harus di kontrol sama dokter. Enggak boleh berlebihan dan enggak boleh juga kurang. Sampai sekarang belum ada efek apa-apa, jangan sampai ada apa-apa," ujarnya.

Meski begitu, Solena tetap merasa bahagia walau harus melewati masa-masa sulit seperti itu. Sebab, dia sendiri sudah bertekad untuk tidak setengah-setengah.

"Aku lebih ingin ke sekalian (transisi). Ibu aku suka tanya ini setengah-setengah ini jadi gimana gitu kan ya akhirnya aku pilih operasi karena enggak mau setengah-setengah dan hasilnya lebih maksimal. Surat-surat segala macam juga aku urus," tandasnya.

Kini Solena lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya, baik dalam karier maupun percintaan. Dia juga lebih merasa diterima oleh keluarga dan orang-orang terdekatnya yang mengerti akan keinginan hatinya.

sumber: merdeka.com

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews