Iriana Jokowi Jadi Nama Bunga Anggrek di Singapura. Ini Respon Jokowi

Iriana Jokowi Jadi Nama Bunga Anggrek di Singapura. Ini Respon Jokowi

Jokowi bersama istri Iriana Jokowi. (Foto: Liputan6.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Menutup rangkaian kunjungan kenegaraan ke Singapura, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana berjalan-jalan ke taman bunga. Mereka mengunjungi National Orchid Garden, Singapore Botanical Garden.

Di sana Iriana mendapat kehormatan. Namanya diabadikan sebagai nama salah satu koleksi anggrek, Dendrobium iriana jokowi. Itu merupakan perpaduan Dendrobium christabella dan dendrobium haldis morterud.

"Suatu kehormatan sekali ya, anggrek yang ada di Singapura diberi nama Iriana Joko Widodo," ujar Iriana seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet pada Rabu (29/7/2015).

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan, keputusan memberi nama anggrek dengan nama istrinya merupakan sebagai suatu bagian diplomasi persahabatan antara Indonesia dan Singapura. Jokowi menyebutnya dengan istilah diplomasi bunga.

"Luar biasa, cara menjalin sebuah persahabatan tidak harus dengan sebuah meeting yang formal atau harus ketemu antara diplomat dengan diplomat tetapi cara seperti ini sangat berkesan memberi nama Iriana Jokowi sebagai sebuah spesies anggrek, ini diplomasi bunga," kata Presiden Jokowi.

Ketika ditanyakan tentang koleksi bunga, Iriana mengakui dirinya tidak mempunyai koleksi Anggrek. Menurut dia, perawatan tanaman Anggrek harus dilakukan secara khusus dan tidak bisa sembarangan.

"Kalau koleksi ndak ya, tapi ada, di rumah ada. Karena merawat anggrek ini tidak sembarang merawat karena merawat anggrek harus dengan hati," tutur Iriana.

Mendengar ucapan Ibu Negara, Jokowi pun langsung menimpalinya. Menurut dia koleksi tanaman hiasnya cukup banyak, baik itu yang ada di Istana maupun di kediamannya di Kota Solo.

"Bukan ada, banyak (bunga)," sambung Presiden Jokowi berkelakar kepada Ibu Negara.

Dendrobium iriana jokowi adalah bunga yang kuat. Bunga ini tegak mekar semi-melengkung dengan ukuran 5,6 cm. Kelopak bunga berwarna putih dan cahaya kuning kecokelatan.

Sedangkan mahkota bunga bengkok kuning kecokelatan sampai cokelat kemerahan. Ketika mekar, anggrek ini dilengkapi dengan warna kemerahan ungu muda di pinggirnya dan warna ungu gelap pada bagian tengah.

Ikut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam kunjungan tersebut adalah Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi.

sumber: liputan6.com

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews