Lembaran Alquran Masa Nabi Muhammad Hidup Ditemukan di Inggris

Lembaran Alquran Masa Nabi Muhammad Hidup Ditemukan di Inggris

Lembaran Alquran yang ditemukan di Perpustakaan Birmingham, Inggris. (foto: ist/detik/bbc)

BATAMNEWS.CO.ID, Birmingham - Lembaran-lembaran bertuliskan ayat suci Alquran tertua di dunia ditemukan di Universitas Birmingham, Inggris. Penemuan lembaran Alquran ini diyakini saat masa Nabi Muhammad masih hidup.  

BBC melaporkan, Rabu (22/7/2015), manuskrip Alquran itu ditemukan di perpustakaan universitas dan diyakini berusia 1.370 tahun.

Analisa karbon menyatakan teks Alquran yang ditulis di atas kulit domba atau kambing itu berasal dari periode antara 568 Masehi hingga 645 Masehi, masa ketika Nabi Muhammad masih hidup. Tingkat akurasi analisa karbon itu mencapai 95,4 persen.

Setelah diuji di Universitas Oxford, lembaran Alquran itu dinilai sebagai dokumen teks Alquran tertua yang pernah ada.

Manuskrip itu memuat ayat pada surat ke-18 hingga ke-20 kitab suci Alquran. Teks kitab suci itu ditulis dengan huruf Arab Hijaz.

Direktur Universitas Susan Worrall mengatakan para peneliti tidak menyangka lembaran Alquran itu sudah begitu tua.

"Setelah mengetahui kami telah menemukan lembaran Alquran tertua di dunia sungguh rasanya menyenangkan," kata dia.

Profesor universitas bidang Agama Kristen dan Islam David Thomas menuturkan temuan ini bisa membawa kita pada masa beberapa tahun setelah Islam muncul.

BBC menulis, menurut tradisi muslim, Nabi Muhammad menerima wahyu Alquran antara tahun 610 hingga 632 Masehi.

"Orang yang menulis ayat Alquran ini boleh jadi mengenal Nabi Muhammad dan dia kemungkinan pernah melihat nabi secara langsung atau mendengar khutbahnya," kata dia.

Thomas menuturkan ayat-ayat Alquran awalnya ditulis di berbagai benda seperti batu, daun pohon, punuk unta, dan versi finalnya berbentuk buku rampung pada 650 Masehi.

(ind/dtc)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews