Berpolitik, Bawaslu Ingatkan PNS yang Dukung Bakal Calon Kepala Daerah

Berpolitik, Bawaslu Ingatkan PNS yang Dukung Bakal Calon Kepala Daerah

Ilustrasi PNS

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sejumlah pegawai negeri sipil secara terang-terangan tak segan lagi memperlihatkan kecenderungan mendukung bakal calon kepala daerah di Provinsi Kepri. Bahkan diantaranya kerap terlihat dalam acara-acara berbau politik bakal calon kepala daerah.

Beberapa diantaranya adalah acara sosialisasi. Badan Pengawas Pemilu Kepulauan Riau mewanti-wanti hal memperingatkan pegawai negeri sipil untuk tidak mengikuti kegiatan sosialisasi petahana yang akan maju ke gelanggang pilkada.

"Para PNS pasti sudah bisa membedakan mana kegiatan resmi yang teragendakan dan mana kegiatan sosialisasi untuk kepentingan politik menjelang pilkada. Mereka harus menjaga netralitas," kata Komisioner Bawaslu Kepri Indrawan di Tanjungpinang, Senin (29/6/2015).

Dia mengatakan PNS rentan terjebak dalam kepentingan politik menjelang pilkada. Apalagi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berkuasa saat ini berniat mencalonkan diri kembali pada pilkada.

"Saya ingatkan kepada para PNS, kalau bukan agenda resmi pemerintahan, sebaiknya tidak mengikuti kegiatan tersebut," katanya.

Indrawan mengatakan, PNS tersebut diduga melanggar UU Aparatur Sipil Negara dan UU No 8/2014. 

Bawaslu Kepri juga sudah melayangkan surat kepada Pemerintah Kepri untuk diteruskan kepada kepala daerah dan wakil kepala daerah tingkat kabupaten dan kota agar menjaga netralitas PNS.

 

[snw/ant]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews