Info Mudik

Syahbandar Karimun Dirikan Posko Jaga Mudik di Dua Pelabuhan

Syahbandar Karimun Dirikan Posko Jaga Mudik di Dua Pelabuhan

Pelabuhan domestik Karimun Kepulauan Riau

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai, Kepulauan Riau, akan membuat posko-posko mudik di pelabuhan domestik dan internasional. Posko tersebut akan didirikan pada H-15 sampai H+15 atau mulai 2 Juli hingga 2 Agustus mendatang.

’’Tujuannya memberikan kelancaran arus penumpang selama mudik lebaran. Selain itu memberikan kenyamanan, tertib dan keamanan saat mudik,” kata Kasi Lala dan Usaha Kepelabuhanan KSOP Tanjungbalai Karimun, M Yusuf, Senin (29/6) di pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun.

Ia mengatakan, petugas yang berjaga di posko nantinya terdiri dari berbagai instansi yang terkait dengan pelabuhan. 

'Petugas akan bersiaga siang hingga sore setiap hari untuk mengawasi serta memastikan kelancaran arus lalu lintas penumpang. Seperti pendirian posko ini, maupun menambah fasilitas lainnya,' tuturnya. 

Untuk musim mudik tahun ini, lanjut M Yusuf diprediksi akan terjadi kenaikan 10 persen dari tahun lalu. 

Sedangkan, kelayakan kapal penumpang untuk berlayar jauh hari sudah dilakukan pengecekan seperti alat keselamatan atau life jaket, administrasi dokumen, kondisi fisik kapal yang sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.

'Semuanya sudah siap. Dan tidak diperbolehkan membawa atau memasukkan penumpang melebihi kapasitas (overload). Selain itu, ketersedian safety kapal juga diperlengkap serta menjaga fasilitas penumpang agar lebih nyaman. Apabila diketahui ada yang membandel, sanksi berat pencabutan izin layar bisa diberikan," ucap Yusuf. 

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews