Seleksi Pimpinan KPK

Jenderal Cantik, Mantan Direktur Reskrimum Polda Kepri Ini Daftar Jadi Pimpinan KPK

Jenderal Cantik, Mantan Direktur Reskrimum Polda Kepri Ini Daftar Jadi Pimpinan KPK

Brigjen Pol Basaria Panjaitan

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta -Brigjen Pol Basaria Panjaitan, mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kepulauan Riau, berkeinginan menjadi pimpinan Komisi Pemberatantasan Korupsi (KPK). Keinginannya itu sudah disampaikan ke Wakil Kepala Polri Komjen Budi Gunawan.

Saat ini Basarian bertugas sebagai dosen Sespimti.  Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Budi Gunawan memuji sosok Brigjen (Pol) Basaria Panjaitan. Basaria adalah salah satu perwira tinggi Polri yang ingin menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


"Dia (Basaria) ini background-nya reserse. Dia sekarang dosen di Sespimti. Bagus orangnya, berwibawa, cantik," ujar Budi di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (22/6/2015).


Budi Gunawan dan Kepala Polri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti telah memberikan rekomendasi kepada Basaria sebagai modal untuk mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan KPK.


Situs Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana Brigjen (Pol) Basari Panjaitan Mantan Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu mengatakan, surat rekomendasi bisa keluar setelah pimpinan melakukan penelusuran soal rekam jejak Basaria selama di Polri.

Hasilnya, pimpinan menganggap, Basaria memang layak untuk mendaftarkan diri.

"Kita nilai yang terbaik, yang pantas, yang matang, kemampuan aspek kompetensinya memadai dan bisa membangun sinergi yang baik. Dia (Basaria) bisa kok," ujar Budi.

Budi berharap banyak polwan lain yang mengikuti jejak Basaria mendaftarkan diri menjadi pimpinan KPK, atau, paling tidak, muncul lagi polwan lain yang mempunyai kompetensi penegakan hukum yang baik.

Menurut catatan kepolisian, Basaria adalah sarjana hukum Sepamilsukwan Polri angkatan 1983/1984. Jabatan di bidang reserse pertama dipegangnya saat ia menjadi perwira Unit Satuan Lidik Direktorat Reserse di Mabes Polri pada tahun 1990.

Kemudian, dia menjabat sebagai Kepala Bagian Reserse Narkoba Polda NTB (1997-2000). Karier di bidang reserse berlanjut pada tahun-tahun setelahnya. Tahun 2000-2004, Basaria menjabat sebagai Kepala Bagian Reserse Narkoba Polda Jawa Barat.

Tahun 2006-2008, dia menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Polda Kepulauan Riau. Pangkat bintang satu didapat ketika ia menjabat sebagai Kepala Pusat Provos Divisi Profesi dan Pengamanan Polri pada tahun 2009.

Dia pernah memeriksa mantan Kabareskrim, Komjen Susno Duadji, soal pelanggaran kode etik. Tahun 2010 hingga saat ini, Basaria menjabat sebagai Widyaiswara Madya Sespim Polri.

sumber: kompas

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews