PAD Kabupaten Karimun

Firmansyah: Target PAD Rp 261 Miliar, Dispenda Sudah Kumpulkan Rp 133 Miliar

Firmansyah: Target PAD Rp 261 Miliar, Dispenda Sudah Kumpulkan Rp 133 Miliar

Proses pengapalan granit di Karimun. Tambang granit menjadi sektor terbesar penyumbang PAD Kabupaten Karimun.

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Pemerintah Kabupaten Karimun menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 261 miliar per tahun. Hingga triwulan kedua, target tersebut baru tercapai Rp 133 miliar. 

 

"Alhamdulillah, sudah mencapai 50,1 persen di triwulan kedua. Tinggal setengah lagi. Mudah-mudahan terealisasi 100 persenlah," ujar M Firmansyah, Kepala Dispenda Karimun, Kamis (18/6/2015).

 

Sektor tambang masih menjadi salah satu penyumbang PAD terbesar untuk Kabupaten Karimun. Tambang itu tak lain adalah tambang granit. Kemudian disusul pajak hiburan, restoran, hotel, dan pajak reklame.

 

Firmansyah menuturkan, hal yang tak kalah penting adalah memaksimalkan petugas pajak, untuk terus memberikan penyuluhan bagi wajib pajak. Salah satunya, memberikan penghargaan wajib pajak teladan, serta mendorong wajib pajak agar memiliki kesadaran untuk membayar tepat tepat waktu.

 

“Target sebesar Rp 261 miliar pada tahun ini sebenarnya lebih rendah dari target 2014 sebesar Rp 270 miliar,” kata dia.

 

Sebab, sesuai dengan informasi sebelumnya dari Kantor Perbendaharaan Kekayaan Negara (KPKN) menyampaikan bahwa Kabupaten Karimun meraih predikat terbaik ketiga se-Indonesia dalam pengelolaan pajak di lingkungan pemerintah daerah.

 

"Kita juga akan membenahi tata cara pemungutan pajak di lingkungan pemerintah daerah, sebagaimana imbau Menteri Keuangan melalui surat yang ditujukan kepada kepala daerah," imbuh Firmansyah.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews