Tips Mencegah Bau Mulut saat Puasa

Tips Mencegah Bau Mulut saat Puasa

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID  - Dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, seringkali bau mulut menggangu bagi orang sekitar.

Namun tahukah Anda bila bau mulut orang yang berpuasa jauh lebih wangi (di hadapan Allah SWT) dari minyak kastrui.

Diakui bau mulut mengganggu seseorang dalam menjalankan aktivitas, terutama ketika sedang berbincang dengan rekan kerja. Tapi jangan khawatir, ada tips untuk menjaga kesehatan mulut saat berpuasa. Berikut ini adalah tipsnya, seperti dikutip dari yudhe.com;

1. Jaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan lidah setelah sahur dan setelah berbuka. Jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah kita sahur.

2. Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.

3. Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur. Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur.

4. Beberapa buah-buahan tertentu, seperti; semangka, bengkuang merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air.

5. Hindari merokok karena merokok justru memperburuk kebersihan mulut, selain itu rokok sendiri menimbulkan aroma yang tidak sedap.

6. Jika kebetulan ada masalah dengan gigi selama berpuasa, segera periksa ke dokter gigi agar perawatan gigi dapat dilakukan dengan baik.

7. Hindari makanan yang berorama tajam, seperti bawang, petai, jengkol, serta durian.

8. Hindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti coklat, es krim, biskuit, dan kue basah lainya. Jika memang tetap ingin mengonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu lama.


[isk]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews