Tak Sanggup Bayar Kontraktor Rp 134 Miliar, Pemkab Lingga Bangkrut?

Tak Sanggup Bayar Kontraktor Rp 134 Miliar, Pemkab Lingga Bangkrut?

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau terancam bangkrut. Selain defisit anggaran, saat ini Pemkab Lingga masih berutang hingga Rp 134 miliar. 

"Pembayaran utang ini tidak dialokasikan dalam APBD 2015, namun akan dibayar pada tahun ini. Kami belum mengetahui mekanisme dalam pembayaran utang tersebut," ujar Ketua DPRD Lingga M Nizar yang dihubungi dari Tanjungpinang, Rabu (17/6/2015).

Menurut Nizar, Pemkab Lingga tidak dapat mengeluarkan dana tersebut lantaran saat ini mengalami defisit anggaran. 

Dari hasil penggalian informasi, DPRD Lingga menemukan hal yang aneh. Sebab, salah satunya dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terkait utang Rp134 miliar tersebut. 

BPK menyatakan Pemkab Lingga tidak memiliki utang, namun memberi rekomendasi agar utang tersebut dibayar kepada pihak kontraktor pada anggaran perubahan.

"Kami berharap dilakukan audit investigasi terkait permasalahan ini," ujarnya.

Menurut dia, pembayaran utang tersebut menghambat proses pembangunan di Lingga. Beberapa kegiatan pemerintahan, termasuk pembangunan fasilitas umum terpaksa ditunda.

Sedangkan kegiatan yang dijalankan disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

"Berbagai kegiatan pemerintahan dalam bentuk fisik belum dapat dijalankan," ujarnya.

Nizar menjelaskan akibat utang itu, ratusan tenaga harian lepas yang bekerja di dinas-dinas juga sudah diberhentikan. Mereka sekarang tidak memiliki pekerjaan.

"Ini persoalan yang dihadapi pemerintah karena lapangan pekerjaan sangat terbatas," katanya.

 

[ant/snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews