Potensi Galangan Kapal Batam

Industri Galangan Kapal Bertumbangan, Pejabat Kementerian Ini Masih Optimis Bangkit

Industri Galangan Kapal Bertumbangan, Pejabat Kementerian Ini Masih Optimis Bangkit

Ilustrasi galangan kapal di Batam

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Satu per satu industri galangan kapal di Batam, Kepulauan Riau, bertumbangan. Sepinya orderan menjadi salah satu alasan realistis para investor menutup usahanya tersebut. 

Padahal industri ini dinilai bisa meningkatkan industri maritim Tanah Air. Direktur Industri Maritim, Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Hasbi Assiddiq Syamsuddin masih yakin dengan masa depan industri galangan kapal. 

 Pria yang akrab disapa Hasbi mengatakan, industri tersebut masih bisa bersaing dengan kawasan lain seperti Penang Malaysia, dan Tiongkok. Galangan kapal di Batam saat ini menyumbang 70 persen produksi utilisasi.

“Dengan kuatnya utilitas itu, diyakini Batam masih memiliki masa depan cerah dan bisa ikut mendukung program tol laut,” kata dia.

 Oleh karena itu pemerintah mendorong pertumbuhan usaha galangan kapal dengan memberikan fasilitas seperti yang ada di Batam.

“Fasilitas ini bisa mendorong perkembangan galangan kapal di luar Batam sehingga jumlah produksi dalam negeri semakin besar,” tuturnya.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews