Hari Ini Rupiah Dibuat Tak Berdaya, Dolar AS Tembus Rp 13.300

Hari Ini Rupiah Dibuat Tak Berdaya, Dolar AS Tembus Rp 13.300

Dolar AS (foto:ilustrasi)

BATAMNEWS.CO.ID  - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS), Kamis (4/6/2015) menunjukkan keperkasaannya. Bahkan, dolar AS hari ini mencapai titik tertingginya yakni Rp 13.298, atau hampir setara Rp 13.300.

Dikutip dari data perdagangan Reuters, posisi tertinggi yang bisa diraih dolar AS hari ini berada di titik Rp 13.298 atau sekitar satu jam ke belakang.

Posisi dolar AS yang semakin perkasa ini setara dengan posisi saat Indonesia dilanda krisis moneter tahun 1998, tepatnya sekitar Agustus saat dolar AS bergerak di kisaran Rp 11.050-13.000.

Rupiah kala itu dibikin anjlok, berbagai harga kebutuhan melonjak, membuta daya beli masyarakat menurun. Hal itu memicu tingginya inflasi.   

Analis pasar uang Rully Nova mengatakan, pelemahan rupiah ini lebih disebabkan karena data-data ekonomi Indonesia yang dirilis tidak memuaskan alias memburuk, ditambah lagi angka inflasi naik signifikan.

"Memang dolar AS masih akan terus menguat, trennya memang begitu, data-data ekonomi AS terus menunjukkan penguatan dan perbaikan, namun data-data ekonomi Indonesia justru tidak memuaskan, inflasi naik," kata Rully, seperti dikutip dari detikfinance, Kamis (4/6/2015).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ada inflasi 0,50% di Mei 2015 dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan inflasi tahun kalender atau sejak awal 2015 ini mencapai 0,42% dan secara year on year (yoy) adalah 7,15%.

Selain itu, Rully menjelaskan, pelemahan rupiah juga didorong oleh pelemahan mata uang euro yang disebabkan oleh krisis Yunani. Ini membuat dolar AS terus perkasa.

Dolar AS ini, kata Rully, akan terus menguat selama masih ada ketidakpastian rencana kenaikan bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) untuk menaikkan tingkat suku bunganya.

"Jadi penguatan dolar AS akan terus berlanjut. Lantas sampai kapan? Sampai tidak ada lagi ketidakpastian soal The Fed. Sentimen positif dari domestik belum ada," jelas dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews