Warga Batam, Ini yang Anda Harus Cermati saat Mengemudikan Mobil Matik

Warga Batam, Ini yang Anda Harus Cermati saat Mengemudikan Mobil Matik

Ilustrasi mobil matik

BATAMNEWS.CO.ID - Dari sekian banyak daerah di Indonesia, Batam merupakan kota dengan peredaran mobil matik terbanyak. Namun tahukah Anda, mengendarai mobil matik ternyata juga punya cara khusus agar transmisi otomatis pada mobil tidak cepat rusak.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perangkat transmisi otomatis pada mobil berusia cepat rusak. Salah satunya disebabkan kekurangpahaman pengemudi dalam menggunakan transmisi otomatis, apa pun jenisnya.

Mahdi, mekanik Ramanda Motor mengatakan,
kebanyakan pengendara memiliki kebiasaan yang dapat merusak transmisi matik.

" Misalnya. lalai memindahkan posisi N (netral) saat mobil berhenti lama, langsung tekan gas yang dalam saat baru memindahkan dari posisi N ke D dan sering pindah gigi pada RPM tinggi," ungkap Mahdi.

Berikut tiga hal yang terkadang lupa dilakukan pengemudi saat menggunakan transmisi otomatis:

1. Tidak segera memindahkan transmisi ke posisi N saat mobil berhenti lama

Saat kendaraan berhenti lama dan posisi tuas transmisi tidak netral, maka menyebabkan beban transmisi berlebih karena saat itu kerja mesin masih ditopang oleh gearbox.

2. Selalu melakukan kick down saat baru memindahkan transmisi ke D.

Perlu dicermati, jangan langsung kick down saat memindahkan transmisi dari N ke D.

Saat perpindahan netral ke drive komponen gearbox seperti torque converter dan shaft output tidak dapat bekerja dengan cepat. Sangat dianjurkan pedal gas ditekan secara perlahan.

Tujuannya agar katup selenoid pada transmisi tidak rusak dan bisa mengakibatkan sistem perpindahan gigi pada gearbox terganggu.

3. Sering pindah gigi pada putaran tinggi

Transmisi matik menggunakan kopling basah sering sekali terjadi slip oleh karenanya tidak dianjurkan melakukan engine brake pada putaran mesin tinggi karena akan berakibat hard friction yang bisa mengurangi usia kopling gesek di dalam transmisi matik.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews