Angkatan Laut Iran Tembak Kapal Tanker Berbendera Singapura

Angkatan Laut Iran Tembak Kapal Tanker Berbendera Singapura

Angkatan Laut Iran

BATAMNEWS.CO.ID – Kapal tanker berbendera Singapura yang berlayar di perairan Uni Emirat Arab (UEA) dilaporkan menjadi target Angkatan Laut Iran setelah kapal itu diduga  fasilitas minyak milik Iran.

Kapal tanker tersebut diduga melarikan diri ke peraian UEA tak lama setelah perusahaan fasilitas minyak Iran atau South Pars Phase 13 menemukan adanya kerusakan di salah satu fasilitas minyak mereka.    

Direktur South Pars Phase 13, Habii, telah meminta AL Iran untuk mengajak pihak UEA bekerjasama menangkap kapal tanker berbendera Singapura tersebut.

“UEA harus bekerjasama dengan Iran untuk menahan kapal tanker berbendera Singapura tersebut. Karena kapal itu telah merusak fasilitas Iran,” ujar Habii, seperti dikutip Trend News, Jumat (15/5/2015).

Sebelumnya, seorang pejabat Amerika Serikat (AS) yang tidak ingin disebutkan identitasnya melaporkan bahwa lima kapal AL Iran telah mencegat dan menembaki kapal tanker berbendera Singapura (Alpine Eternity), dan memaksa kapal itu melarikan diri ke peraian UEA.

Pemilik kapal Alpine Eternity, South Maritime Pte. Ltd, menyatakan pihak AL Iran semula melepaskan tembakan peringatan. Namun, mereka langsung mengarahkan senjata ke kapal setelah menolak untuk berhenti. Kapal tersebut kemudian melarikan diri ke perairan UEA yang dijaga ketat patroli pantai wilayah tersebut.



Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews