Bupati Aunur Rafiq Khawatir Kuota CPNS Karimun Tak Terpenuhi

Bupati Aunur Rafiq Khawatir Kuota CPNS Karimun Tak Terpenuhi

Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Karimun - Minimnya kelulusan peserta CPNS pada seleksi kompetensi dasar (SKD) dikhawatirkan tidak akan menutup jumlah kekurangan PNS di Kabupaten Karimun. Dari 227 formasi yang ada, hanya 52 peserta yang lulus.

Tercatat ada 2.451 peserta yang mengikuti seleksi, namun hanya 52 orang yang lulus dalam passing grade. Sementara itu, 173 peserta yang lulus administrasi dinyatakan tidak hadir mengikuti ujian.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan bahwa, minimnya kelulusan dalam tes CPNS yang dilaksanakan pada 3 - 4 November kemarin, menandakan kalau banyak tidak terisinya kuota PNS yang telah disediakan.

"Dengan jumlah itu, sangat kekurangan. Kita akan mencari jalan keluarnya," ucap Rafiq, Kamis (8/11/2018).

Pemkab Karimun mengambil langkah dengan menyurati Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta Kemenpan-RB untuk meminta sisa kuota yang kosong tersebut.

"Kami meminta sisa kuota yang kosong tersebut. Maka, nanti kami akan bicarakan terlebih dahulu untuk mengisi formasi yang kosong, serta membicakan bagaimana sistem dan teknis yang diminta oleh pusat," kata dia.

Tidak hanya itu, ia juga menyebutkan alasan banyaknya yang tidak lulus seleksi SKD adalah terdapat pada waktu yang diberikan oleh panitia, sementara itu soal yang diberikan ada 100 soal dengan waktu penyelesaian selama 90 menit.

"Jadi banyak yang mengeluh itu soalnya susah, dan waktu yang diberikan hanya 90 menit dari 100 soal. Jadi 1 soal hanya diberi waktu sekitar 45 detik saja," kata dia.

Rafiq juga mengatakan tidak setuju kalau kekosongan yang terjadi saat ini diisi oleh peserta CPNS dari luar daerah Karimun. Sementara itu, dari 52 peserta yang lulus tersebut, akan kembali mengikuti tes selanjutkanya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB.

"Kami tidak setuju jika diisi oleh orang luar, karena kan memang kuota yang diberikan itu adalah kuota untuk Kabupaten Karimun. Apakah itu dengan membuka lowongan ulang, atau melaksanakan ujian ulang lagi," katanya dengan serius.

Sebanyak 2.624 peserta CPNS Kabupaten Karimun yang lulus seleksi administrasi. Namun, dari jumlah itu ada 2.451 yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dikarenakan 173 peserta tidak hadir.

Dari 2.624 peserta yang mengikuti tes SKD di Hotel CK Tanjungpinang, Provinsi Kepri, hanya sebanyak 52 orang yang lulus seleksi. Sementara itu, Kabupaten Karimun mendapat kuota penerimaan CPNS sebanyak 227 orang.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews