Liga Champions

Setelah 12 Tahun, Juventus Rasakan Kembali Final Liga Champions

Setelah 12 Tahun, Juventus Rasakan Kembali Final Liga Champions

Juventus kalahkan Real Madrid. (foto: ist/okezone)

BATAMNEWS.CO.ID - Juventus sukses melaju ke babak final Liga Champions 2014/15 setelah menyingkirkan Real Madrid di Santiago Bernabeu, Kamis (14/5/2015). Bagi Juventus, pencapaian ini merupakan penantian yang lebih dari satu dekade.

Tiket ke final itu diraih Bianconeri usai menahan imbang Real Madrid 1-1 di semifinal leg II. Mereka pun lolos dengan agregat 3-2.

Juventus terakhir kali menembus babak final pada musim 2002/03. Ketika itu Si Nyonya Tua juga menyingkirkan Real Madrid pada babak semifinal. Juventus menang agregat 4-3 atas Real Madrid.

Pada babak final musim itu, Juventus berhadapan dengan sesama klub Italia, AC Milan. Juventus gagal menjadi juara setelah kalah melalui adu tendangan penalti. Ketika itu, pelatih Real Madrid saat ini, Carlo Ancelotti, melatih AC Milan. Pengatur serangan Juventus, Andrea Pirlo, masih membela AC Milan.

Sepanjang sejarah Liga Champions, Juventus lima kali menembus babak final. Dari lima kesempatan tersebut, Juventus hanya sekali keluar sebagai juara, yaitu pada musim 1995/96. Ketika itu Juventus mengalahkan Ajax Amsterdam yang berstatus juara bertahan.

Musim ini Juventus akan menantang Barcelona pada babak final di Berlin, 6 Juni mendatang. Barcelona ke babak final setelah menyingkirkan raksasa Jerman, Bayern Muenchen.

Sedangkan Real Madrid gagal mengakhiri kutukan yang sudah bertahan selama 28 tahun. Mereka tak pernah bisa melaju dari babak knock-out ketika melawan klub asal Italia sejak September 1987.

Selain itu, sejak berubah format menjadi Liga Champions pada musim 1992/93, tidak pernah ada satupun juara yang mampu mempertahankan gelar pada musim selanjutnya.

Klub terakhir yang mampu menjadi juara pada dua musim berturut-turut adalah AC Milan pada musim 1988/89 dan 1989/90. Ketika itu kompetisi masih berformat Piala Champions.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews