Barca Menanti Final Kedelapan di Partai Puncak Liga Champions

Barca Menanti Final Kedelapan di Partai Puncak Liga Champions

Barcelona

BATAMNEWS.CO.ID  - Kemenangan Barcelona atas Bayern Munich malam tadi dengan aggregat 5-3, cukup mengantarkan Blaugrana menuju partai puncak Liga Champions musim ini.

Barca akan menunggu pemenang antara Juventus atau Real Madrid yang akan bentrok, Kamis (14/5/2015) dini hari nanti.

Bagi Barca, partai final di Berlin pada 6 Juni nanti akan menjadi final kedelapan bagi Los Cules di kompetisi antarklub paling elite se-Eropa ini.

Dalam sejarahnya, Barca sudah mengantongi empat titel juara pada 1992, 2006, 2009, dan 2011. Sejak 1992, di mana format Liga Champions bermula - setelah dulu bernama European Cup atau Piala Champions -- Barca selalu tampil sebagai juara jika berhasil lolos ke final.

Satu-satunya kekalahan yang diderita Barca saat kompetisi sudah berubah format terjadi pada 1994. Meski begitu, format Liga Champions tersebut belum persis seperti sekarang karena masih menggunakan dua grup bukan delapan grup di babak penyisihan.
Sedangkan format delapan grup seperti yang digunakan sekarang ini dimulai pada musim 1999-2000.

Final pertama Barca di Eropa berakhir dengan kekalahan. Pada 1961, Barca dikalahkan Benfica 3-2 sebelum kalah lagi di final oleh Steaua Bucharest lewat adu penalti 2-0 (0-0) pada 1986.

Sampai akhirnya pada 1992, Barca yang diperkuat Johan Cruyff berhasil mengangkat trofi pertamanya usai mengalahkan Sampdoria 1-0 di final. The Dream Team Barcelona maju ke final lagi dua tahun kemudian tapi dikandaskan AC Milan 0-4 di Athena, Yunani.

Penantian panjang Barca terbayar 12 tahun berselang. Di bawah asuhan Frank Rijkaard, Barca mengalahkan Arsenal 2-0 di final yang menandai masa kejayaan pasukan Merah-Biru ini di jagat sepakbola Eropa.

Pada 2009, Barca meraih trofi Liga Champions lagi dengan kemenangan 2-0 atas Manchester United di Roma, dan mengalahkan lawan yang sama dengan skor 3-1 di Wembley untuk mendapatkan gelar juara keempatnya. Demikian dikutip dari AS.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews