Mendag Dijadwalkan ke Batam, Rudi Mau Ajak ke Pasar Induk

Mendag Dijadwalkan ke Batam, Rudi Mau Ajak ke Pasar Induk

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita.

Batam - Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita dijadwalkan akan hadir di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (10/11/2018) mendatang. Kedatangan Menteri Enggar ini juga dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Batam untuk diajak melihat kondisi Pasar Induk di Jodoh.

Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan bahwa pihaknya ingin bantuan dari pemerintah untuk pembangunan pasar ini bisa segera terealisasi. Karena beberapa waktu yang lalu, sebutnya, Menteri Enggar telah berjanji.

“Kami mau tunjukkan, ini lho pasar yang sudah dihibahkan ke pemko,” ujar Rudi di Pelita, Selasa (23/10/2018). 

Ia menargetkan pemerintah pusat bisa berikan bantuan setidaknya Rp 50 miliar, walaupun dengan segitu hanya bisa membangun satu lantai untuk pasar tersebut. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Zarefriadi menambahkan Menteri Enggar dijadwalkan juga akan mengunjungi Pasar Makmur Serumpun di Sungai Beduk.

Pasar Makmur Serumpun ini sedang dalam tahap pembangunan. Dibangun dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebanyak Rp 5,6 miliar. Pasar ini termasuk golongan pasar tipe C, di mana hanya mampu menampung 200 pedagang saja. 

"Pas kita lagi bangun Pasar Makmur Serumpun di Sungai Beduk kalau punya waktu, boleh ditinjau. Bukan hanya itu," ujar Zarefriadi pada kesempatan yang sama.

Namun masalah lainnya masih ada pedagang kaki lima (PKL) di pasar tersebut yang belum pindah. Ia memperkirakan ada 100 PKL yang masih bertahan di sekitar pasar. 

“Masalah itu juga kita tak punya lahan, laham-lahan di situ sudah punya swasta,kalau relokasi lebih cepat, pembersihan pasar indukpun otomatis cepat dilaksanakan.” katanya. 

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews