Kodim Karimun Ajak Sopir Angkutan Umum Wujudkan Keamanan Negara

Kodim Karimun Ajak Sopir Angkutan Umum Wujudkan Keamanan Negara

Diskusi ringan Kodim Karimun dengan sopir angkutan umum dalam upaya mewujudkan keamanan negara. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Mewujudkan keamanan menjadi tanggung jawab semua pihak. Di Karimun, Komando Distrik Militer 0317/TBK melibatkan kalangan sopir angkutan umum dalam menjaga keamanan ini.

Wujud pelibatan itu, Kodim 0317/TBK mengajak para sopir angkutan umum dalam sebuah diskusi ringan di Pasar Meral Kelurahan Sei Pasir, Senin (22/10/2018).

Wakil Komandan Rayon Militer 01 Tanjungbalai Karimun Kapten Inf J Siahaan mengatakan, dalam mempertahankan keamanan khususnya NKRI diperlukan partisipasi seluruh pihak agar terciptanya pertahanan yang kuat.

"Bukan hanya tugas TNI saja, melainkan tugas kita bersama dalam pertahanan dan keamanan berbangsa dan bernegara," kata Siahaan.

Ia mengatakan dalam peran pertahanan dan keamanan bangsa seluruh elemen masyarakat dapat melakukan sesuai dengan perannya masing-masing. Oleh karenanya sangat diperlukan kesadaran bernegara oleh setiap individu.

"Sebab, jika pertahanan terganggu maka, yang pertama sekali merasakannya ialah masyarakat sendiri. Harus ada kesadaran dalam diri masyarakat," katanya.

Maka, sopir angkutan umum dan warga adalah orang yang pertama sekali merasakan gangguan keamanan karena mereka selalu berinteraksi dengan masyarakat luas, dan warga sekitar dapat dengan mudah disusupi oleh sesorang yang berniat jahat.

"Namun, masyarakat juga mempunyai kemampuan mendeteksi lebih dini terhadap potensi bahaya yang ada di lingkungannya," katanya.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews