Budidaya Rumput Laut, Langkah Awal Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir

Budidaya Rumput Laut, Langkah Awal Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir

Salah seorang warga melakukan panen budidaya rumput laut di Desa Linau (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Warga Desa Linau, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau melakukan panen perdana rumput laut dewasa untuk dijadikan bibit, Senin (22/10/2018).

Pengembang tanaman budidaya tersebut, Abdul Karim mengatakan, waktu tanam bibit hingga masa panen saat ini lebih kurang selama 22 hari. Hasil panen itu nantinya akan dibuat pembibitan lagi untuk dikembangkan di desa-desa yang potensi lautnya memungkinkan.

"Yang jelas, program pertama ini untuk membuat terobosan ekonomi masyarakat pesisir yang lautnya berpotensi dan pastinya dapat menambah ekonomi masyarakat," kata dia kepada Batamnews.co.id, Senin (22/10/2018).

Lanjut dia, dipilihnya parairan Desa Linau sebagai lokasi budidaya bibit rumput laut tersebut memandang akses jangkauan lebih mudah, siklus musim laut full 12 bulan dan tenaga masyarakat lebih mudah didapat serta dibantu kepala desa dan ibu-ibu PKK setempat yang begitu antusias.

"Budidaya rumput laut ini untuk peningkatan ekonomi masyarakat pesisir, salah satu desa percontohan bibit yaitu Desa Linau. Insya Allah kelanjutannya nanti sampai ke desa pesisir yang potensi siklus laut tidak terpengaruh ombak besar," ujarnya.

Jika pertumbuhan bibit tersebut baik dan sesuai ekspektasi, ia mengaku kedepannya akan ada peningkatan proses produksi.

"Kedepannya kami akan pruduksi masal, mudah-mudahan dapat kajian dari dinas atau instansi terkait, terutama dalam legalitas perusahaan administrasi dari provinsi maupun kabupaten. Kalau perusahan, untuk kedepannya dalam produksi masal, itu melalui PT. Asri Cempah Mustika," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews