Kandungan Nutrisi Ikan Kembung Melebihi Ikan Salmon

Kandungan Nutrisi Ikan Kembung Melebihi Ikan Salmon

Ikan kembung. (Foto: istimewa)

Batam - Selama ini ikan salmon digembar-gemborkan sebagai bahan pangan super dengan kadar asam lemak Omega-3 yang tinggi. Tak heran jika harganya pun tergolong mahal.

Padahal tak harus salmon jika yang dicari adalah Omega-3. Ada jenis ikan lokal dengan kandungan Omega-3 yang bahkan lebih tinggi daripada salmon. Nilai gizi totalnya juga tak kalah.

Kandungan nutrisi apa saja yang dimiliki oleh ikan kembung? Berikut ini kita bahas selengkapnya.

1. Kaya protein, mineral, vitamin, dan asam lemak sehat
Ikan kembung adalah sumber gizi yang sangat baik. Vitamin D yang terkandung di dalamnya membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi yang sehat.

Kandungan protein, Omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, dan selenium pada ikan kembung lebih tinggi daripada salmon.

Omega 3 dapat membantu perkembangan otak dan mata pada bayi. Kandungan ini juga membantu pertumbuhan otak normal dan perkembangan mata saat janin masih berada di dalam rahim. Jantung bayi pun senantiasa sehat dan tekanan darah tetap normal.

2. Ikan-ikanan lokal punya nilai gizi tinggi
Direktur Pemasaran Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Machmud mengungkapkan, ikan kembung tak kalah bergizi dari ikan salmon.

"Ikan kita itu banyak sekali (contohnya ikan kembung). Tapi masyarakat masih belum menyadari gizi ikan-ikan lokal. Kita juga punya banyak sekali diversifikasi ikan (keragaman ikan). Bayangkan, kalau ikan-ikan lokal selalu kita sosialisasikan," papar Machmud dilansir Liputan 6.

Jadi mulai sekarang tak ada lagi alasan untuk tidak makan ikan hasil perairan lokal. Kandungan gizinya sama sekali tak kalah dari bahan pangan impor, kok.

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews