Perhatikan 6 Hal Ini Agar Mobil Tak Cepat Rusak

Perhatikan 6 Hal Ini Agar Mobil Tak Cepat Rusak

Ilustrasi.

Batam - Padatnya arus lalu lintas di berbagai daerah dan cuaca bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan mobil. Tapi, pemiliknya juga bisa menjadi biang kerusakan tersebut.

Mengutip dari Car Care Council, setidaknya ada enam cara yang kerap dilakukan banyak pengendara sehingga dapat merusak mobil dan menguras isi dompet.

Lantas cara apa sajakah yang dapat membunuh mobil secara perlahan?

1. Mengabaikan lampu indikator
Lampu-lampu indikator ini ada di setiap panelmeter mobil. Lampu indikator ini merupakan sinyal yang saling terkoneksi sebagai peringatan mulai dari mesin, bahan bakar, hingga sabuk keselamatan.

Paling tidak lampu indikator ini bisa mengingatkan Anda soal masalah yang ada pada mesin atau bahan bakar, sehingga bisa diselesaikan dengan cepat.

2. Tidak mengganti cairan
Setiap kendaraan memiliki berbagai cairan mulai dari air, minyak, hingga oli. Nah cairan-cairan ini memiliki fungsi masing-masing yang wajib diperbarui atau ganti.

3. Mengabaikan ban
Ban jadi bagian yang sangat vital dalam kendaraan. Sebab, bagian ban ini bersentuhan langsung dengan jalan sekaligus menopang beban kendaraan.

Karena itu, ban perlu juga dilakukan perawatan dengan cara rajin memeriksa keausan ban. Sebab, jika itu terjadi bukan tak mungkin akan berdampak pada keselamatan hingga borosnya bahan bakar.

4. Tidak melakukan servis rutin
Setiap kendaraan perlu dilakukan pengecekan rutin di bengkel resmi. Sebab, mobil atau sepeda motor memiliki banyak suku cadang atau komponen yang bisa saja aus atau rusak seiring waktu.

Melakukan servis secara rutin perlu dilakukan agar mesin dan komponen berfungsi secara optimal. Karena itu, melakukan pengecekan dan servis rutin akan membantu terhindarnya kerusakan yang dapat menghabiskan biaya cukup mahal.

5. Kotor
Menggunakan mobil setiap waktu pasti akan menyebabkan kotor. Bahkan saat mobil disimpan juga bisa terjadi hal yang sama.

Terlebih jika mobil tersebut menyimpan bahan kimia atau kotoran yang dapat merusak dan berpotensi menyebabkan karat. Karena itu, mencuci mobil perlu dilakukan.

6. Cara mengemudi
Berbagai kondisi lalu lintas akan terjadi saat mengendarai mobil. Saat di jalan itu pula, infrastruktur jalan raya hingga cuaca dapat mempengaruhi gaya mengemudi.

Karena itu ada baiknya selalu memahami dan mematuhi aturan lalu lintas, seperti mengemudi dengan santai agar irit bahan bakar, memperhatikan batas kecepatan, menghindari gaya mengemudi agresif, dan masih banyak lainnya.

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews