Batam Kekurangan Puskesmas

Satu Puskesmas di Batam Layani 146 Ribu Penduduk

Satu Puskesmas di Batam Layani 146 Ribu Penduduk

Batam - Kota Batam kekurangan puskesmas. Saat ini Batam hanya memiliki 19 unit puskesmas. Sedangkan pendudukan Batam mencapai 1,3 juta jiwa. Artinya, satu puskesmas saat ini melayani 146 ribu penduduk.

Kebutuhan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Batam idealnya berjumlah 40 unit. Namun jumlah Puskesmas di Batam saat ini masih 19 unit. 

Kepala Dinas Kesehatan, Didi Kusmarjadi mengatakan bahwa kebutuhan Puskesmas di Batam dihitung berdasarkan jumlah penduduk, yaitu 1:30.000. Artinya satu puskesmas melayani 30 ribu penduduk. 

Sedangkan dengan jumlah puskesmas di Batam saat ini, setidaknya satu puskemas melayani 146 ribu jiwa. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Batam.

“Idealnya begitu, kota Batam harus memiliki 40 unit Puskesmas,” ujar Didi, Jumat (19/10/2018). 

Pihaknya juga sudah mengajukan untuk penambahan Puskemas, namun tetap mengalami penundaan karena anggaran defisit. 

Seperti yang diusulkan dua unit Puskesmas di wilayah Tembesi dan Tiban Mentarau.

“Terpaksa dicoret, karena anggarannya tidak ada, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) juga tak dapat,” katanya.

Didi juga memperkirakan tahun 2019 juga tidak ada penambahan Puskemas baru. Padahal pihaknya mengharapkan pembangunan Puskesmas baru bisa dilakukan tiap tahun. 

“Kalau setiap tahun satu unit dibangun, kita bisa mencapai target kebutuhan idel untuk Puskesmas, tapi tahun depan juga tak ada,” jelasnya. 

Ia juga membandingkan dengan kabupaten Bintan yang memiliki 15 unit Puskesmas. Padahal jumlah pendudukanya hanya 200 ribu jiwa.

“Berbanding terbalik dengan Batam, Bintan kelebihan, sedangkan kita kekurangan,” ucapnya. 

Ombusdman Kepulauan Riau juga pernah menyoroti kebutuhan Puskesmas di Batam. Karena ditakutkan akan mempengaruhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat. 

“Penambahan Puskesmas di wilayah yang sudah padat penduduknya sangatlah urgensi agar masyarakat dapat pelayanan yang optimal,” ujar Kepaa Ombusdman Kepri, Lagat Siadari beberapa waktu lalu.

(ret)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews