Lanal Dabo Kerahkan Seluruh Prajurit Amankan Aset dan Markas dari Serangan

Lanal Dabo Kerahkan Seluruh Prajurit Amankan Aset dan Markas dari Serangan

Perajurit TNI AL melakukan pertahanan dari serangan musuh (Foto:ist/LanalDBS)

Lingga - Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep mengerahkan seluruh personel yang ada untuk mempertahankan aset dan markas dari serangan musuh dengan melakukan operasi darat di sekitaran lokasi Pantai Todak, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Jumat (19/10/2018).

Namun, operasi yang dilakukan para personel TNI AL bersenjata lengkap itu bukanlah benar adanya, melainkan hanya sebatas latihan rutin yang dimaksudkan untuk melatih dan mengasah kemampuan para prajurit Lanal DBS dalam rangka mempertahankan pangkalan atau markas.

"Dipilihnya daerah Todak, karena Pantai Todak merupakan wilayah daerah Latihan Ampibi TNI AL yang  merupakan salah satu aset pertahanan negara yang harus di pertahankan," ujar Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M.Tr.Hanla kepada Batamnews.co.id, Jumat (19/10/2018).

Daerah Latihan Ampibi TNI AL Batu Berdaun, dalam kurun waktu tahun 1992 hingga 2018 ini telah beberapa kali digunakan TNI untuk melaksanakan latihan yakni, Armada Jaya (1994), latihan bersama dengan negara luar “Carat Joinminex" (2001), Latihan Pendaratan Cadet ALL (2010 dan 2015) serta yang terakhir yaitu, Latihan GMUK Yonmarhanlan IV TPI (2018) dan Glagaspur TK.III Koarmada I (2018).

"Mengingat suksesnya latihan Glagaspur TK.III Koarmada I (2018) pada bulan lalu, maka kedepannya kami akan melaksanakan latihan yang lebih besar lagi di daerah Latihan TNI AL Batu Berdaun ini," ucap Agus.

Lanjut dia, pihaknya akan rutin melaksanakan latihan di daerah Latihan Ampibi TNI AL Batu Berdaun Pantai Todak. Selain sudah menjadi program yang diperintahkan dari Mabes TNI AL, latihan juga sebagai tolak ukur untuk mengasah dan menguji profesionalisme prajurit serta kesiapan para parajurit Lanal Dabo Singkep ketika menghadapi serangan.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews