5 Sekolah di Natuna Bersiap Menuju Sekolah Adiwiyata

5 Sekolah di Natuna Bersiap Menuju Sekolah Adiwiyata

Ketua FKS Natuna, Nurhayati Hamid Rizal melakukan peninjauan ke sekolah berpredikat Adiwiyata. (Foto: Jali/Batamnews)

Natuna - Lima sekolah berpredikat Adiwiyata di Kabupaten Natuna dibekali pemantapan sistem. Kegiatan ini melibatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dispora), Forum Kota Sehat (FKS), hingga akademisi dan cendikiawan

Ketua Forum Kota Sehat Natuna, Nurhayati mengatakan, FKS juga akan turun langsung membina dan memberikan arahan ke sekolah-sekolah dengan predikat sekolah adiwiyata.

Sekolah tersebut diataranya, SMU 1 Bunguran Timur, SMPN 2 Bunguran timur, SDN 11 Puak, SMK Pariwisata dan SMK Pertanian Bunguran Batubi.

“Pada Prinsipnya Adiwiyata berbasis lingkungan sebenarnya sudah digalakkan oleh TP PKK Kabupaten Natuna, sebagaimana yang telah ada di 10 program Pokok PKK, yaitu kelestarian lingkungan hidup. Namun skop kelestarian lingkungan hidup PKK agak lebih besar lingkupnya," ujar Nur, Rabu (17/10/2018)

PKK menurutnya lebih mengarah pada keluarga dan masyarakat. Namun dengan program Adiwiyata, hal ini bisa masuk skop lingkungan sekolah

Nurhayati berharap program ini nanti mampu bersinergi dengan program-program pemerintah lainnya.  

"Tujuannya untuk peningkatan kelestarian lingkungan hidup, peningkatan derajat kesehatan maupun peningkatan sumberdaya manusia yang lainnya," sebut dia.

Dalam pembinaan dan pemantapan menuju sekolah Adiwiyata berbasis lingkungan, dikatakannya Dinas lingkungan Hidup sebagai pelaksananya melibatkan FKS dan Dispora sebagai pembina.

"Program ini juga melibatkan penilaian yang diambil dari akademisi, seperti dosen dari STAI Natuna, Cendikiawan dari ICMI juga tenaga sanitarian yang ada di kabupaten Natuna”  terang Nur.

(jmm)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews