7 Menu Sarapan Andalan Orang Indonesia, Mana Favoritmu?

7 Menu Sarapan Andalan Orang Indonesia, Mana Favoritmu?

Jakarta – sarapan adalah salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Karena sarapan bisa bikin kita punya tenaga lagi dan semakin semangat dalam beraktivitas.

Kalau di luar negeri, mungkin bule-bule banyak sarapan pakai daging, sosis, roti atau sereal. Sampai-sampai kalau ada orang Indonesia yang sarapan pakai makanan yang kamu sebut itu pasti langsung diledek “Kayak bule aja”. Habisnya kalau orang Indonesia lebih identik sarapan pakai tujuh menu sarapan ini, sih.

Nasi Uduk

Siapa sih yang nggak kenal nasi uduk? Nasi yang beraroma wangi ini adalah salah satu menu andalan buat sarapan orang Indonesia. Biasanya nasi uduk dimakan pakai mi bihun, tempe goreng, telur, ataupun semur jengkol. Plus kerupuk juga tentunya.

Harga sarapan ini berkisar antara 5 ribu sampai 10 ribu rupiah. Sarapan ini bisa ditemui di banyak tempat, dengan resiko disalip ibu-ibu dengan alasan “anaknya mau berangkat sekolah”.

Lontong Sayur

Nggak pengen makan nasi? Kamu bisa pesen lontong sayur. Sama-sama dibuat dari beras, tapi lontong dan nasi beda tekstur. Lontong sayur sendiri adalah sebuah sayur yang biasanya berkuah santan, berisi potongan labu, tahu, telor rebus dan juga lontong.

Bubur Ayam

Biasanya pedangang lontong sayur juga jual bubur ayam. Nah, berbeda sama dua menu yang kamu sebut di awal, bubur ayam menurutmu lebih beragam lagi rasanya. Hal ini karena bubur ayam punya banyak topping mulai dari kacang, daun bawang, potongan ayam dan juga krupuk yang renyah. Orang yang suka sarapan bubur ayam biasanya diesebut sebagai tukang nyabu (nyarapan bubur).

Nasi Pecel

Bukan pecel ayam atau pecel lele. Menu sarapan yang kamu maksud ini adalah nasi pecel yang berupa nasi dengan sayuran yang dituangi sambel pecel dari kacang. Biasanya nasi pecel juga dinikmati dengan beberapa lauk tambahan seperdi daging, ayam, gorengan ataupun peyek.

Ketoprak

Menu sarapan lain yang identik sama orang Indonesia adalah ketoprak. Ketoprak adalah sebuah makanan berupa potongan lontong yang dicampur dengan tahu goreng, toge, dan bihun. Semua bahan itu dicampur dengan saus kacang yang diracik langsung di atas piring sang penjual.

Telur

Semua menu sarapan yang kamu sebut sebelumnya biasanya nggak bisa dimasak sendiri di rumah. Karena buat masak menu sarapan di atas butuh waktu yang lumayan lama. Nah, buat yang nggak ada waktu dan tentu aja nggak ada uang, biasanya hanya akan makan nasi dengan telor dadar ataupun ceplok yang sudah dikecapi.

Mi Instan

Pengen lebih mewah lagi dari sekadar telor, ada juga orang Indonesia yang lebih milih buat sarapan pakai mi instan. Tentu aja mi instannya pakai nasi dan juga telor. Biar lebih enak. Terlihat mewah, simpel, cepat, dan juga lebih murah daripada beli sarapan di luar, kan?

Jadi, dari sekian menu sarapan di atas, mana nih yang jadi menu favoritmu? Atau mungkin kamu punya menu favorit sendiri? 

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews