Jelang Akhir Konsesi ATB, 24 Perusahaan Minat Kelola Air di Batam

Jelang Akhir Konsesi ATB, 24 Perusahaan Minat Kelola Air di Batam

Kantor ATB Batam

Batam - Konsesi pengelolaan air di Batam akan berakhir pada tahun 2020. Saat ini Badan Pengusahaan (BP) Batam masih menghitung nilai aset PT Adhya Tirta Batam (ATB).

Deputi IV BP Batam bidang sarana dan prasaran lainnya, Eko Budi Sopriyanto mengatakan bahwa penghutungan nilai aset ATB belum selesai.

“Penghitungan asetnya masih jalan, belum selesai,” ujar Eko, Kamis (11/10/2018).

Eko menyampaikan penghitungan nilai aset ini melibatkan kementrian keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan ATB.

“Jadi tidak hanya pihak BP Batam saja yang menghitung,” katanya.

Dalam penghitungan aset ini, memang memerlukan waktu yang cukup lama. Dikarenakan ATB telah mengelola air di Batam sejak tahun 1995 dan diperkirakan total nilai aset mencapai Rp 1 triliun.

“Setelah aset tersebut dihitung akan diserahkan kepada Direktorat jenderal kekayaan negara (DJKN), kami (BP Batam) hanya menggunakan saja,” katanya.

Setelah proses konsesi ini nanti berakhir, penghitungan nilai aset akan dihitung lagi.

Saat ini BP Batam sedang mempersiapkan proses lelang menjelang konsesi dengan pihak ATB berakhir pada tahun 2020. Ada 24 perusahaan dari dalam dan luar negeri yang telah mendaftar, termasuk ATB.

“Paling lama market sounding akan kami buka pada akhir Oktober ini, selanjutnya nanti kami akan berikan persyaratannya kepada mereka yang telah mendaftar,” kata dia.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews