Wajib Tahu, 8 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi di Bawah Satu Tahun

Wajib Tahu, 8 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi di Bawah Satu Tahun

Ilustrasi

Jakarta - Orangtua sering bingung dengan apa yang harus diberikan pada bayinya. Beberapa orang bahkan tidak peduli dengan asupan apa yang diberikan pada buah hatinya.

Padahal, tidak semua makanan baik untuk bayi di bawah umur satu tahun. Beberapa bahkan tidak boleh dikonsumsi oleh mereka.

Mengutip Step to Health pada Kamis (11/10/2018), berikut ini bagian pertama dari delapan makanan yang tidak boleh Anda berikan pada bayi di bawah satu tahun.

1. Gula

Efek berbahaya dari konsumsi gula sudah banyak diketahui. Hindari menambahkan gula ke botol susu atau minuman lainnya dan membuat anak terbiasa mengonsumsi sesuatu yang manis.

Bayi belum sepenuhnya mengembangkan selera mereka. Sehingga, mereka tidak bisa membedakan antara makanan manis atau hambar.

Jika Anda ingin memberikan rasa manis pada makanan bayi, gunakan pisang yang ditumbuk atau sedikit ASI untuk menghindari ketergantungan gula muncul sejak dini.

2. Madu

Meskipun nampaknya madu bisa menjadi pemanis alami, namun ini bukanlah ide yang baik untuk konsumsi bayi Anda.

Konsumsi madu oleh anak-anak di bawah satu tahun terkait dengan botulisme. Ini adalah sebuah penyakit usus yang menyebabkan sembelit dan sulit untuk disusui.

3. Garam

Sama seperti dua makanan lainnya, garam digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Ini adalah produk yang buruk jika ditambahkan ke makanan bayi, setidaknya sampai mereka berusia satu tahun.

Garam bisa mengancam kesehatan ginjal mereka. Hal tersebut dikarenakan ginjal bayi yang belum cukup berkembang untuk menangani jumlah besar natrium.

Anda boleh menambahkannya ke makanan mereka dalam jumlah sedang, setelah ulang tahun pertama mereka.

4. Ikan dan makanan laut

Meskipun ikan dianggap sebagai sumber protein yang menyehatkan, namun ini tidak disarankan untuk bayi. Beberapa jenis ikan mengandung merkuri tinggi yang bisa mempengaruhi saraf anak- anak.

Selain itu, hewan seperti udang dan krustasea lain memiliki kandungan kadmium yang berdampak negatif pada perkembangan dan fungsi ginjal anak di bawah satu tahun.

5. Produk susu rendah lemak

Susu biasa tidak boleh menjadi pengganti ASI. Namun, itu masih baik untuk menyediakan anak dengan beberapa sumber lemak hewani yang sehat. Termasuk produk seperti yogurt dan keju dalam porsi sedang.

Namun, Anda tidak boleh memberikan mereka produk susu yang tidak berlemak. Hal ini karena produk tersebut telah melewati banyak proses untuk menghilangkan lemak. Padahal, lemak ini menyediakan sumber penting vitamin dan kalori.

6. Sayuran tertentu

Sayur memang penting bagi bayi di bawah umur satu tahun. Terutama, karena mereka membutuhkan nutrisi dan vitamin. Namun, beberapa sayuran tidak boleh diberikan pada mereka.

Beberapa sayuran tersebut seperti bayam dan rumput laut. Mereka mengandung konsentrasi nitrat yang tinggi dan menyebabkan methemoglobinemia. Kondisi ini ditandai dengan perubahan warna kebiruan pada kulit.

Hal tersebut mempengaruhi selaput lendir dan mengurangi jumlah oksigen dalam aliran darah.

7. Minuman Berkafein

Kopi, soda, dan teh mengandung kafein dengan jumlah besar, serta aditif lainnya yang bisa menekan penyerapan zat besi dan kalsium. Mereka juga bertanggung jawab lansung atas stimulasi berlebihan pada sistem saraf bayi.

8. Kacang dan camilan lainnya

Anda tidak boleh memberikan kacang pada bayi di bawah satu tahun karena mereka bisa tersedak. Produk-produk semacam ini hanya boleh ditambahkan dalam makanan anak hingga mereka lima tahun atau lebih dengan pengawasan.

Selain itu, beberapa produk camilan komersial seperti keripik kentang, makanan yang dipanggang atau sejenisnya juga harus dihindari.

Mereka biasanya mengandung gula atau garam, serta zat-zat lainnya yang bisa membahayakan kesehatan bayi.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews