DPMD Bintan Minta Aparatur Desa Berinovasi

DPMD Bintan Minta Aparatur Desa Berinovasi

Kepala DPMD Bintan, Ronny Kartika bersama Bupati Bintan, Apri Sujadi. (Foto: Batamnews)

Bintan - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bintan memiliki program-program jitu dalam memajukan 36 desa di wilayahnya. Yaitu Bursa Inovasi Desa yang merupakan wadah batu loncatan bagi desa dalam mengembangkan sektor pembangunan, perekonomian, kesehatan dan lainnya.

Kepala DPMD Bintan, Ronny Kartika menerangkan melalui Bursa Inovasi Desa ini akan lahir sebuah ide ataupun gagasan baru dari kreatifitas pemikiran bersama antara aparatur desa dan masyarakat dalam memjukan wilayahnya masing-masing.

"Bursa Inovasi Desa ini menjadi salah satu batu loncatan bagi pengembangan. Setiap Desa melalui perangkatnya maupun semua elemen masyarakat harus mampu menyatukan ide untuk kepentingan bersama dalam menyongsong lahirnya desa mandiri," ujar Ronny, kemarin.

Pemkab Bintan terus berusaha menunjukan komitmen penuh dalam membangun desa. Buktinya, desa-desa yang ada di Bintan meraih beragam prestasi membanggakan. Mulai dari desa terbaik tingkat provinsi sampai nasional, event  Teknologi Tepat Guna (TTG) sampai pengelolaan dana desa.

"Berapapun prestasi yang telah diukir, jangan mudah berpuas diri. Tapi teruslah berinovasi dalam mengembangkan dan memajukan desanya sendiri," katanya.

Selain prestasi, pemerintahan desa juga diberikan kepercayaan untuk melaksanaan pembangunan proyek fisik yang didanai  melalui APBN 2018.

7 desa yang telah ditandatangani prasasti pembangunan proyek fisiknya yaitu Desa Toapaya Selatan Kecamatan Toapaya dengan kegiatan semenisasi di Jalan Jati, Desa Sebong Lagoi Kecamatan Teluk Sebong dengan kegiatan pembangunan Musholla Al Ikhlas serta pembangunan Paving Blok Gang Wijaya Kusuma dan Pavling Blok Jalan Masiran yang dikerjakan oleh Desa Gunung Kijang Kecamatan Gunung Kijang.

Berikutnya, Desa Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam dengan kegiatan pembangunan Gedung Sekretariat BUMDes, Desa Kukup Kecamatan Tambelan dengan kegiatan pembangunan Dermaga Masyarakat, Desa Teluk Bakau Kecamatan Gunung Kijang dengan kegiatan pembangunan Pagar Kantor Desa, serta pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan Sapras Lingkungan (TPT Pantai) di Desa Mantang Besar Kecamatan Mantang.

"Ingat, terobosan yang harus dilakukan perangkat desa adalah menerapkan pembangunan yang berbasis  kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews