15 Ribu Lebih Peserta BPJS Kesehatan Mandiri di Bintan Tunggak Iuran

15 Ribu Lebih Peserta BPJS Kesehatan Mandiri di Bintan Tunggak Iuran

Kepala Kantor BPJS Kesehatan cabang Bintan, Anggriyanni Dahlan.

Bintan - Sebanyak 85 persen warga Bintan peserta BPJS Kesehatan mandiri disinyalir menunggak iuran. Tunggakan iuran angkanya cukup fantastis.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan cabang Bintan, Anggriyanni Dahlan menjelaskan ada 18 ribu lebih warga Bintan yang menjadi peserta jalur mandiri BPJS Kesehatan.

Namun hanya 15 persen yang taat membayarkan iurannya setiap bulan sedangkan 85 persen lagi mandek.

"Tunggakan iuran per bulan peserta mandiri mencapai Rp 3 miliar lebih. Dana itulah yang akan kami tagih," ujarnya, Selasa (9/10/2018).

Dari catatan BPJS Kesehatan Bintan ada salah satu keluarga (KK) yang menunggak hingga Rp 5 juta. Jadi tunggakan ini akan ditagih dengan cara menghubungi nomor kontak masing-masing peserta mandiri. Hal ini dilakukan setiap hari kerja sampai iurannya lunas.

"Kami akan terus berupaya agar tagihan peserta BPJS Kesehatan bisa terlunasi," jelasnya.

Baca: Peserta BPJS Kesehatan di Bintan Capai 108.185 Orang

Pada Oktober 2018 ini peserta BPJS Kesehatan di Bintan mencapai 62.000 lebih jiwa. Diantaranya peserta yang dibiayai melalui anggaran APBN sebanyak 30.491 jiwa, peserta yang dibiayai APBD sebanyak 14.000 ribu lebih jiwa dan peserta yang dibiyai dari saku sendiri sebanyak 18.000 lebih jiwa. 

"Jumlah penduduk Bintan mencapai 100.000 lebih jiwa. Jadi 30-40 persen lagi belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan," ucapnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews