Bupati Lingga Namakan Bangunan Tua di Singkep Balai Djoeang Boeng Hatta

Bupati Lingga Namakan Bangunan Tua di Singkep Balai Djoeang Boeng Hatta

Bangunan tua bekas gudang timah di Pulau Singkep yang saat ini diberikan nama Balai Djoeang Boeng Hatta (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau, mulai menghidupkan kembali bangunan tua bekas pusat perkantoran bahkan gudang timah di Kota Dabo, Kecamatan Singkep yang telah ditinggalkan kurang lebih 25 tahun lalu.

Bangunan tua yang dulunya terlihat kumuh, sekarang disulap menjadi lebih indah dan layak untuk dikunjungi. Salah satu bangunan yang menarik perhatian yakni, Balai Djoeang Boeng Hatta.

Bupati Lingga Alias Wello mengatakan, pemberian nama Balai Djoeang Boeng Hatta disalah satu bangunan tua bekas gudang timah tersebut bukanlah tanpa alasan dan hanya sebatas pencitraan. Beberapa bukti sejarahlah yang menjadikan tempat tersebut layak disebut sebagai Balai Djoeang Boeng Hatta.

"Pada tahun 1950 yang lalu, atau setelah lima tahun Indonesia merdeka, wakil presiden pertama RI tersebut pernah berorasi, dihadapan masyarakat Singkep tentang potensi perekonomian Indonesia di pulau Singkep," kata dia kepada Batamnews.co.id, Senin (8/10/2018).

Lanjut dia, selain gudang bekas timah tersebut, ada beberapa bangunan tua yang rencananya juga akan direhab dan diperbaharui tanpa mengubah bentuk aslinya. Alasannya selain tidak ingin menghilangkan nilai sejarah dari gedung-gedung tersebut, beberapa pondasi dan arsitektur dari gedung itu juga sangat kokoh dan tidak mudah untuk diroboh.

"Jadi tidak semuanya kita roboh, beberapa bangunan sangat kokoh nanti hanya akan kita rehab dan perbaiki agar dapat dimanfaatkan," ucapnya.

Diketahui, bangunan-bangunan tua bekas perkantoran PT. Timah Negara ini nantinya akan dijadikan sebagai pusat bisnis singkep atau Singkep Bussines Centre, yang rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Meski belum ada kepastian mengenai tanggal kedatangan orang nomor 1 tersebut ke Dabo Singkep, namun Bupati Lingga memastikan bahwa Presiden RI sudah beberapa kali menyatakan kesediaannya untuk datang ke Pulau Eks Tambang Timah itu.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews