Buka MTQ Nasional XXVII di Medan, Ini Pesan Jokowi

Buka MTQ Nasional XXVII di Medan, Ini Pesan Jokowi

Jokowi memukul bedug tanda dibukanya MTQ Nasional XXVII di Kota Medan (Foto:net/tribunnews)

Medan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional  XXVII di Gedung Serbaguna Jalan Willem Iskander, Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (7/10/2018) malam.

Dalam penyampaiannya, Jokowi berharap MTQ dapat menjadi sumber kesejukan untuk memperkuat persaudaraan Islam (Ukhuwah Islamiyah), persaudaraan sebangsa (Ukhuwah wathaniyah) serta persaudaraan sesama Insan (Ukhuwah insaniyah).

"Al qur'an sejak diturunkan sudah menjadi pedoman umat islam dan menjadi sumber inspirasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu saya mengajak semua umat untuk memandang MTQ bukan hanya menjadi acara rutin lomba membaca dan melestarikan seni saja melainkan mengajak semua masyarakat untuk menjadikan MTQ sebagai suntikan energi untuk lebih membumikan Alquran dalam dunia nyata dan dunia sehari-hari," ucap Jokowi, Minggu (7/10/2018) malam.

Ia melanjutkan, ayat-ayat suci Alquran dapat menjadi renungan bagi umat muslim untuk memperkokoh akhlak dan bisa memberikan ide besar untuk kepentingan kemaslahatan umat dengan membaca al-quran.

"Kita selalu merasa damai, rasa inilah yang harus ditularkan dalam berkehidupan berbangsa Indonesia jika rasa itu diterapkan tidak ada lagi hoaks, fitnah, caci mencaci sesama umat karena beda pandangan politik dan ego kita," ujarnya.

Diketahui, MTQ ini telah memasuki usia 60 tahun. Pelaksanaan MTQ pertama kali dilaksanakan di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan pada tahun 1958 tepatnya di kota Makassar. Sedangkan Sumatera Utara ini sendiri, butuh waktu puluhan tahun untuk menjadi tuan rumah, setelah terakhir kali tahun 1971 silam.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews