Heboh Remaja Sayat Lengan di Riau, Psikiater Jelaskan Efek Benzo

Heboh Remaja Sayat Lengan di Riau, Psikiater Jelaskan Efek Benzo

Foto : jpnncom

Jakarta - Puluhan siswa SMP di Pekanbaru nekat menyayat tangan mereka dan mengaku menjadi kebal. Sempat dikaitkan dengan produk minuman yang disebut mengandung narkoba, namun Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat telah membantahnya.

Uji laboratorium menunjukkan minuman yang dimaksud tidak mengandung narkoba atau zat yang membahayakan lainnya. Selain itu, Ketua PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia) dr Eka Viora, SpKJ memastikan tidak ada efek benzodiazepine (benzo) yang memicu perilaku semacam itu.

"Efek benzodiazepine itu sedatif malah bikin orang jadi tidur. Saya nggak tahu ya mereka begitu karena efek apa. Mungkin saja sudah dicampur-campur, perlu ada tinjauan lagi," kata dr Eka, ditemui di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Selasa (2/10/2018).

Lebih lanjut, dr Eka menjelaskan bahwa benzodiazepine umum dipergunakan sebagai obat penenang pada pengidap depresi yang mampu menghilangkan rasa cemas. Dokter jiwa alias psikiater juga sering meresepkan obat tersebut kepada pasien dalam dosis tertentu.

"Benzo itu nggak ada efek kebal. Biasa malah dipakai untuk menghilangkan rasa cemas. Sebagai psikiater kita juga resepkan itu ke pasien," tambahnya.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews