Hasil Survei Terbaru Jokowi Vs Prabowo

Hasil Survei Terbaru Jokowi Vs Prabowo

Jokowi dan Prabowo (Foto: detik.com)

Batam - Beberapa lembaga telah merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas pasangan capres dan cawapres, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dari hasil survei yang telah keluar, elektabilitas Jokowi masih unggul dibanding Prabowo. Namun, Prabowo masih bisa mengejar ketertinggalan karena masa kampanye masih lama. Sekitar 7 bulan. Semua masih bisa berubah.

Berikut hasil survei yang telah dirilis dan besaran presentasinya:

1. Hasil survei LSI Denny JA: Jokowi unggul

LSI melakukan survei dengan metode multistage random sampling pada 1.200 responden. Waktunya 12-19 Agustus 2018 lalu. Metode yang digunakan dengan wawancara tatap muka. Margin of error dalam survei ini kurang lebih 2,9 persen.

"Jokowi-Ma'ruf 52,2 persen, Prabowo-Sandi di angka 29,5 persen. 18,3 persen rahasia atau belum memutuskan," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (21/8).

2. Survei Indikator: Elektabilitas Jokowi-Maruf mencapai 57,7 persen

Hasil penelitian terbaru lembaga survei Indikator menunjukkan, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul atas rivalnya pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo dan Sandiaga Uno. Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf mencapai 57,7 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi 32,3 persen.

Dalam survei tersebut, sebanyak 1 persen responden memilih golput. Sedangkan 9 persen memilih tidak menjawab atau tidak tahu. Survei dilakukan secara tatap muka sepanjang tanggal 1-6 September 2018. Margin of error rata-rata dari survei dengan sampel 1.220 responden sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

3. Lembaga Survei Alvara Research Center

Alvara Research Center juga pernah merilis hasil survei nasional. Hasilnya pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul 53,63 persen dibanding Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 35,2 persen. 

Survei telah dilakukan pada 12-18 Agustus 2018. Survei melibatkan 1.500 responden dengan metode multistage random sampling. Margin of error 2,53 persen.

(aiy)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews