Lanal TBK Panen Cabai Merah Perdana di Wilayah Maritim

Lanal TBK Panen Cabai Merah Perdana di Wilayah Maritim

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) TBK bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq melakukan panen raya cabai merah (Foto: Batamnews)

Karimun - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) TBK bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq melakukan panen raya cabai merah di Desa Sememal, Kecamatan Meral Barat, Rabu (26/9/2018) sore.

Tanaman cabai merah tersebut merupakan milik Kelompok Tani Sememal Karimun di bawah binaan Lanal Tanjungbalai Karimun bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Karimun dalam hal ini Dinas Pertanian.

Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Catur Yogiantoro melalui Pjs.Paspotmar Letda Laut (P) Hendriyono mengatakan, hal ini merupakan pembinaan potensi maritim dalam ketahanan pangan di bidang pertanian.

"Dinas Potensi Maritim Lanal TBK mendukung sepenuhnya program pemerintah untuk menuju ketahanan pangan baik di bidang pertanian, kelautan dan perikanan," Kata Dia kemarin.

Program ketahanan pangan, menjadi persoalan yang sangat penting dalam menjaga ketahanan suatu negara, terutama terhadap wilayah yang berada di pulau terluar.

"TNI AL bekerja sama dengan kementerian dan pemerintah daerah setempat serta kelompok petani untuk membangun ketahanan pangan terutama di pulau terluar," jelasnya.

Kemudian, Bupati Karimun Aunur Rafiq yang hadir dalam panen raya tersebut menuturkan, Pemerintah Daerah memiliki peran pendampingan terhadap para petani.

"Kita selaku pemerintah daerah melakukan pendampingan dan penyuluhan terhadap petani. Meskipun kita belum mampu membantu sepenuhnya mereka Kelompok petani ini bisa berjalan mandiri," Kata Rafiq.

Pada panen raya kali ini, Petani mampu menghasilkan 200 kg cabai merah dalam sekali panen. Kedepan, pertanian cabai tersebut akan dikembangkan lebih besar lagi.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews