Bintan Garap Ekonomi Masyarakat Berbasis Pariwisata

Bintan Garap Ekonomi Masyarakat Berbasis Pariwisata

Pariwisata Bintan

Bintan - Bintan merupakan wilayah yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang bernilai tinggi. Tidak hanya di Lagoi saja tetapi hampir seluruh wilayah memiliki potensi alam yang sangat ekonomis.

 

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengatakan pengembangan perekonomi masyarakat berbasis pariwisata sangat penting diterapkan di Bintan. Karena untuk mempercepat pembangunan di bidang pariwisata khususnya pariwisata lokal agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di sekitar kawasan pariwisata tersebut.

"Beberapa destinasi wisata berbasis kemasyarakatan cukup banyak di kabupaten ini. Jika dapat kita kembangkan maka pastinya roda perekonomian masyarakat juga akan ikut meningkat, karena pelaku utamanya adalah masyarakat sendiri," ujarnya, kemarin.

Agar program ini terealisasi harus menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat daerah (PMD). Disana terdapat program yang memang melibatkan masyarakat langsung, seperti yang sudah berjalan selama ini, bahkan sudah ada yang berhasil.

Karena pengembangan desa wisata berbasis masyarakat lokal dan pembangunan pariwisata berkelanjutan itu berjalan.

"Seperti destinasi wisata Desa Ekang Anculai dan Taman Pemancingan Poyotomo yang kesemuanya dibawah asuhan Bumdes yang digawangi Dinas PMD," jelasnya.

Bila disetiap kawasan yang memiliki potensi pariwisata dikelola dengan baik dan profesional maka diyakini akan menjadi daya ungkit perputaran ekonomi di desa-desa.

"Jadi kita ingin masyarakat dilibatkan dalam pengembangan perekonomian di desa sendiri secara langsung," katanya.

Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Regional I, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Trindiana M Tikupasang mengatakan pengembangan perekonomi masyarakat berbasis pariwisata itu tidak hanya bretujuan melestarikan alam  dan lingkungan hidup saja. Tetapi dapat menjadikan sumberdaya manusianya (SDM) sebagai pelaku utama dalam pengembangan perekonomian berbasis pariwisata.

"Dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip kelestarian alam dan lingkungan hidup, pengembangan sektor pariwisata lokal diharapkan dapat memberikan pergerakan perekonomian yang signifikan kepada masyarakat lokal tentunya," sebutnya.

Melihat dari dasar konspetualnya, prinsip kepariwisataan masyarakat adalah menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama melalui pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan kepariwisataan.

"Maka dari itu pentingnya diadakan rapat antara pelaku usaha pariwisata dan pemerintah derah agar dapat berjalan lebih bersinergi," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews