Tol Laut

Mari Tengok Isi Perut Kapal "Tol Laut" yang Sering Dicibir Netizen Pendukung Prabowo

Mari Tengok Isi Perut Kapal "Tol Laut" yang Sering Dicibir Netizen Pendukung Prabowo

Isi perut kapal tol laut Lampung-Surabaya

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kapal “tol laut” Lampung-Surabaya akhirnya diresmikan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan. Kapal itu memiliki panjang 150 meter dan bisa mengangkut truk bermuatan barang dan penumpang. 

Fasilitasnya pun terbilang cukup lumayan. Jarak tempuh Lampung Surabaya pun hanya sekitar 40 jam atau kurang lebih dua hari.

Tampak dari luar kapal terlihat gagah dan megah bersandar di dermaga Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Lampung. Bercat warna putih dipadu list biru dan merah, di tengah badan kapal bertuliskan “tol laut”. 

Begitu masuk ke bagian dalam kapal, ruangan yang menjadi deck parkir kendaraan truk, mobil atau bis dibuat sangat luas dengan berlantaikan baja. Deck untuk kendaraan dibuat 3 lantai. Kapasitasnya mencapai 200 truk. 

Di atas deck kendaraan, adalah deck untuk penumpang. Lantai ini dibuat berkonsep seperti penginapan. Terdapat lorong-lorong cukup panjang yang di sisi kanan-kirinya dilengkapi kamar dengan kelas bisnis dan ekonomi. Juga terdapat ruangan seperti ruangan untuk rapat. 

Yang menarik, di kapal ini juga terdapat semacam panggung kecil untuk pertunjukan musik. Selain itu, untuk anak-anak, pihak PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) selaku pemilik kapal menyediakan beberapa unit permainan "ding dong". 

"Ada fasilitas yang diberikan oleh operator sendiri kita berikan fasilitas mini theater, tempat main anak game virtual, ada main kuda-kudaan," katanya.

Untuk permainan anak tidak bisa dimainkan gratis, harus memakai koin layaknya ding dong. "Kalau mini theater itu gratis, live music juga gratis," tuturnya.

Bergerak lagi ke atas, ruangan nahkoda kapal pun cukup luas dengan peralatan yang lengkap seperti alat navigasi, telepon, dan peralatan navigasi lainnya.

sumber: detik.com

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews