Perhatikan, Begini Cara Merawat Velg Agar Tak Cepat Rusak

Perhatikan, Begini Cara Merawat Velg Agar Tak Cepat Rusak

Ilustrasi.

Batam - Velg merupakan salah satu bagian penting kendaraan. Kondisi velg, juga sering diartikan sebagai representasi pemilik kendaraan. Terawat atau tidak.

Velg yang tak dirawat dengan baik bisa mengakibatkan kecelakaan saat berkendara. Pasalnya, laju ban bakal terganggu. Hal ini lebih parah lagi bila sepatu kendaraan ini mengalami retak atau bengkok.

Bagi Anda penyuka modifikasi yang telah mengganti velg standar dengan model racing, keawetan velg lebih menuntut perhatian. Kondisinya mesti dijaga agar tampak tetap stylish.

Mengutip Honda Indonesia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keawetan velg tetap terjaga. Simak panduannya seperti berikut.

1. Sering melewati jalan berlubang

Sebisa mungkin, gunakan jalur yang tidak berlubang untuk dilalui kendaraan Anda, atau minimal pelankan laju kendaraan saat melewati jalan rusak agar velg tidak bengkok, atau pecah di bagian pinggirnya.

Juga harus lebih waspada apabila menggunakan ban dengan bentuk telapak tipis, karena hal ini membuat entakan antara jalan dengan ban lebih terasa yang akan mempengaruhi velg.

2. Tekanan angin pada ban tidak sesuai

Tekanan angin pada ban mobil memiliki standar ukuran yang bisa dilihat di buku manual atau di sekitar pintu mobil.

Pada Honda Brio RS, petunjuk tekanan angin standar terdapat di tiang pintu pengemudi. Apabila tekanan angin tidak sesuai, maka velg akan mudah penyok di bagian bibir velg.

3.  Ukuran ban tidak sesuai dengan velg

Ukuran ban yang tidak sesuai bisa membuat ban cepat rusak, dan akhirnya akan mempengaruhi velg.

Setiap velg memiliki ukuran standar minimal dan maksimal untuk penggunaan ban, sehingga perhatikan baik-baik ban yang akan dibeli.

Pastikan ukuran ban sudah sesuai dengan ketentuan untuk mencegah velg Anda rusak.

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews