Nikmat Namun Tak Sehat, Penderita Diabetes Wajib Jauhi Makanan Ini

Nikmat Namun Tak Sehat, Penderita Diabetes Wajib Jauhi Makanan Ini

Makanan manis tinggi gula (Foto: cnnindonesia.com)

MENGIDAP suatu penyakit merupakan kabar buruk yang tak ingin didengar setiap orang. Tak ada yang lebih buruk jika Anda terinfeksi salah satu jenis penyakit. Akan begitu banyak pantangan yang harus dijauhi terutama pada makanan. Begitu pula dengan penyakit diabetes. Penyakit diabetes termasuk salah satu jenis penyakit yang banyak memiliki pantangan.

Gula berlebih yang tidak terkontrol merupakan penyebab utama penyakit diabetes, dan kelebihan gula tersebut lebih banyak berasal dari makanan. Oleh karena itu, beberapa pantangan makanan pun perlu dihindari. Karena pemicu utama meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh, berasal dari makanan maupun minuman yang masuk dengan kandungan gula berlebih.

Adapun beberapa pantangan makanan yang harus dihindari oleh para penderita diabetes. Salah satunya adalah makanan ringan. Menurut salah satu penelitian, makanan ringan justru mengandung karbohidrat mencapai 7,7% lebih banyak. Hal tersebut yang dapat mempercepat naiknya gula darah.

Maka dari itu, beberapa pantangan makanan pun perlu dihindari. Karena pemicu utama meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh ialah berasal dari makanan maupun minum, yang masuk dengan kandungan gula berlebih. Adapun beberapa pantangan makanan yang harus dihindari oleh para penderita diabetes, diantaranya :

5 Pantangan Makanan Penderita Diabetes

1. Makanan dan Minuman Mengandung Gula Berlebih

Jenis minuman manis seperti kopi, soda kaleng, limun dan teh diketahui mengandung gula berlebih yang dilarang dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tingkat fruktosa yang tinggi di dalam minuman manis dapat menyebabkan perubahan metabolik yang berpotensi membahayakan.

2. Sereal Manis

Karena sereal manis banyak mengandung karbohidrat, sehingga tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, protein di dalam sereal manis pun sangat sedikit. Padahal protein merupakan nutrisi yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil saat siang hari.

3. Beberapa Makanan Ringan

Makanan kering tentu sangat mudah didapatkan di hampir seluruh supermarket maupun warung-warung. Selain lezat, makanan ringan pun laris dipasaran dan didukung dengan harga yang terjangkau.

Namun menurut salah satu penelitian, makanan ringan justru mengandung karbohidrat mencapai 7,7% lebih banyak. Hal tersebutlah yang dapat mempercepat naiknya gula darah karena makanan tersebut bisa dicerna dengan cepat oleh tubuh.

4. Kentang Goreng

Bagi para penggemar junkfood atau makanan cepat saja, kentang wajib termasuk yang tak pernah terlewatkan. Seperti halnya makanan ringan, kentang pun kaya akan karbohidrat. Dan kentang goreng pun setelah dikupas dan digoreng dengan minyak sayur dapat membuat gula darah Anda melonjak tinggi.

5. Lemak Trans

Jenis lemak ini banyak ditemukan dalam margarin, selai, serta gorengan. Secara tidak langsung, kadar gula darah dapat meningkat akibat lemak trans ini. Serta lemak trans pun banyak memiliki risiko buruk terhadap tubuh, seperti meningkatkan peradangan, merendahkan kolesterol baik HDL, serta resistensi insulin dan lemak di perut.

Itulah beberapa pantangan makanan yang harus dijauhi oleh penderita diabetes. Namun tentu dengan hanya menjauhi pantangannya saja tidak cukup untuk mengobati diabetes. Perlu dilakukan penanganan yang sesuai dan berkhasiat untuk diabetes tersebut.

(aiy)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews